Perkuat Digitalisasi Sekolah, Direktorat SMP Laksanakan Bimtek Pemanfaatan TIK

Sebagai bagian dari upaya pemenuhan sarana prasarana di satuan pendidikan menuju digitalisasi sekolah, Direktorat SMP menggelar Bimbingan Teknis Penggunaan dan Pemanfaatan TIK SMP region Bandung pada 12-14 Oktober 2022. Kegiatan ini dihadiri oleh peserta yang merupakan perwakilan Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan guru TIK dari wilayah Jawa Barat.

Kegiatan ini bertujuan untuk para penerima bantuan TIK tahun 2022 dapat memahami tugas dan fungsinya dalam proses penerimaan, penanganan BAST, pemanfaatan, perawatan, troubleshooting dasar dan pemanfaatan peralatan TIK dalam proses pembelajaran. Kasubpokja Transformasi Digital Direktorat Sekolah Menengah Pertama, Cepy Lukman Rusdiana membuka acara secara langsung.

“Sudah lama kami menggunakan data Dapodik dan data verval Pusdatin terkait kesiapan AN. Jadi sekolah yang hadir di sini menurut kedua data tersebut memiliki kurang dari 15 komputer dan memiliki sumber listrik. Peralatan yang akan Bapak/Ibu terima ada 15 unit laptop Chromebook, 1 unit wireless router, 1 unit projector, dan 1 unit connector. Pengadaan ini bukan hanya untuk pelaksanaan ANBK namun juga untuk digunakan saat proses belajar mengajar,” jelas Cepy.

Dalam kegiatan bimtek tersebut, peserta mendapatkan materi terkait pengenalan peralatan TIK SMP, mekanisme pemeriksaan fisik dan BAST peralatan TIK SMP bantuan tahun 2022, Instalasi Peralatan TIK, Konfigurasi Peralatan, eksplorasi Google Workspace for Education, penggunaan platform Merdeka Mengajar, perawatan peralatan TIK, sampai dengan troubleshooting peralatan TIK. Materi disampaikan para narasumber yang terdiri dari Direktorat SMP, tim teknis Direktorat SMP, maupun tim instruktur. 

Cepy juga meminta para peserta yang hadir dapat mendiseminasikan informasi yang didapat pada kegiatan bimtek kepada rekan-rekan guru di satuan pendidikan. “Gali informasi sebanyak mungkin terkait pemanfaatan peralatan TIK, platform Merdeka Mengajar, dan akun belajar.id. Setelah itu jangan lupa menyebarluaskan informasi yang didapat agar satuan pendidikan penerima bantuan dapat memaksimal bantuan ini,” tegas Cepy.

Pada kesempatan yang sama, Cepy menjelaskan bahwa bantuan TIK SMP tahun 2022 menyasar sebanyak 7129 sekolah dari 485 Kabupaten/Kota di 34 provinsi. Pada waktu bersamaan, kegiatan Bimbingan Teknis Penggunaan dan Pemanfaatan TIK SMP region Pekanbaru juga dilaksanakan. Melalui bimbingan teknis ini diharapkan bantuan peralatan TIK yang diterima dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin demi meningkatkan kualitas belajar mengajar di satuan pendidikan.

 

Baca Juga  Mendikbudristek terbitkan Surat Edaran Tentang Diskresi SKB 4 Menteri

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Scroll to Top