Peringati Hari Pangan Sedunia, Apa yang Bisa Kita Lakukan?

Tahukah Sobat SMP bahwa setiap tanggal 16 Oktober diperingati sebagai Hari Pangan Sedunia? Hari Pangan Sedunia (World Food Day) ditetapkan oleh Organisasi Pangan dan Pertanian (FAO) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada tahun 1945, dan telah diperingati setiap tahun setiap 16 Oktober sejak tahun 1981. Peringatan ini didirikan untuk meningkatkan kesadaran akan kelaparan dunia dan kemiskinan yang menginspirasi solusi untuk perubahan dunia.

Cara masyarakat memproduksi dan memproses makanan, mempengaruhi dunia serta sumber daya alam. Itu semua dikarenakan adanya sistem agri-pangan dimana semuanya saling terkait. Berawal dari pertanian, berlanjut ke produk yang sampai di rumah masing-masing, kemudian berbagai benda yang akhirnya dibuang kembali ke lingkungan. Siklus ini mencakup berbagai jenis barang, karena pertanian tidak hanya menghasilkan makanan tetapi juga produk lainnya.

Oleh karena itu, pada Hari Pangan Sedunia 2021 FAO mengampanyekan kepada masyarakat sebuah transformasi cara memproduksi dan mengkonsumsi makanan guna mencapai tujuan pembangunan berkelanjutan. Kampanye tersebut berfokus pada 4 (empat) hal perbaikan yakni perbaikan produksi, gizi, lingkungan, dan kehidupan. Lalu, langkah apa sajakah yang dapat dilakukan dalam kehidupan sehari-hari?

1. Untuk produksi yang lebih baik

Sebagai bagian dari masyarakat dunia, kita didorong untuk membeli produk secara bertanggung jawab, bicara mengenai sumber pangan berkelanjutan di rumah maupun sekolah, serta memperkaya pengetahuan diri. Sobat SMP dapat membaca label produk terlebih dahulu sebelum membeli, memilih makanan yang sehat, segar, organik, musiman, dan jika memungkinkan, makanan yang diproduksi dekat dengan tempat tinggal. 

2. Untuk gizi yang lebih baik 

Baca Juga  5 Pahlawan Nasional Turut Memperjuangkan Pendidikan di Nusantara

Sobat SMP juga perlu menjaga pola makan. Coba lakukan diet bervariasi tanpa melupakan buah dan sayur, menghindari makan daging yang terlalu banyak dan menggantinya dengan kacang-kacangan, makanan berbahan sayur-sayuran (vegetarian), mencuci sayur dan tangan kita saat hendak makan, dan jika memungkinkan mari menanam sayuran sendiri di rumah atau di sekolah.

3. Untuk lingkungan yang lebih baik

Limbah memberikan dampak buruk bagi lingkungan. Maka dari itu, cobalah untuk mengurangi limbah terutama limbah makanan, mengonsumsi apa yang telah dibeli, dan hanya beli yang dibutuhkan. Sobat SMP juga dapat mencoba mendaur ulang kain dan kotak plastik untuk mengurangi limbah. 

4. Untuk Kehidupan yang lebih baik

Penting bagi masyarakat dunia untuk menyadari bahwa setiap makhluk hidup di muka bumi merupakan bagian dari planet ini. Oleh sebab itu, manusia tidak sepatutnya bersikap tidak adil dengan mengeksploitasi makhluk hidup lain secara tidak bijak hanya untuk kepentingan pribadi. Makanan adalah kehidupan, budaya dan kegembiraan. Memberi nilai pada apa yang kita makan artinya menghormati diri sendiri, orang lain, dan planet ini.

Dengan melakukan langkah-langkah di atas, Sobat SMP dapat menjadi bagian dari pahlawan pangan dan turut berkontribusi mewujudkan sistem agr-pangan dan kehidupan dunia yang lebih baik. Mari mulai perubahan dari diri sendiri dan lingkungan terdekat, ya. Selamat Hari Pangan Sedunia!

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Referensi: 

https://www.fao.org/world-food-day/youth/contest/en?utm_source=twitter&utm_medium=social+media&utm_campaign=fao

https://www.fao.org/world-food-day/about/en

https://www.worldfooddaycanada.ca/about/

Scroll to Top