Peran dan Tanggung Jawab Kader Kesehatan Sekolah dalam Program Gizi UKS

Halo, Sobat SMP! Siapa di antara kalian yang menjadi kader kesehatan sekolah? Kader kesehatan sekolah adalah peserta didik yang dipilih oleh guru untuk ikut melakukan usaha pelayanan kesehatan kepada diri sendiri, teman, dan warga sekolah di lingkungan satuan pendidikan. Upaya keterlibatan peserta didik dalam program gizi di sekolah menjadi faktor penting untuk mendorong terjadinya perubahan perilaku.

Menjadi seorang kader kesehatan sekolah tidaklah mudah. Kader kesehatan sekolah memiliki berbagai peran dan juga tanggung jawab untuk mengedukasi dan juga melakukan pembinaan kesehatan kepada warga sekolah. Salah satunya adalah pembinaan program gizi di dalam UKS. 

Berhubungan dengan isu gizi diharapkan adanya kolaborasi antara tim kader kesehatan sekolah dari peserta didik dan juga guru yang ditunjuk sebagai pelaksana UKS.Ada beberapa peran dan tanggung jawab kader kesehatan sekolah dalam program gizi UKS. Apa saja kira-kira? Yuk simak artikel ini!

  • Pendistribusian Tablet Tambah Darah Bagi Peserta Didik Putri

Peserta didik putri jenjang SMP umumnya sedang dalam masa pubertas yang sudah mengalami menstruasi. Untuk itu, perlu dilakukan program pemberian tablet tambah darah bagi peserta didik putri. Kader kesehatan sekolah dapat berkoordinasi dengan koordinator setiap kelas untuk pendistribusian tablet tambah darah, proses pengawasan saat mengonsumsi tablet, dan mendokumentasikan kegiatan. 

  • Memantau Program Sarapan Bersama

Kader kesehatan bisa membantu guru untuk memantau bekal peserta didik lainnya yang dibawa ke sekolah. Selain itu, kader kesehatan sekolah bersama guru dapat memberikan edukasi mengenai konsep gizi seimbang sebagai umpan balik dari bekal yang dibawa.

  • Mengenalkan Pendidikan Gizi
Baca Juga  Direktorat SMP dan BPMP DKI Jakarta Kembali Lakukan Kunjungan Kerja

Pendidikan gizi penting untuk diberikan kepada peserta didik. Oleh karena itu, kader kesehatan sekolah dapat membantu guru untuk menyiapkan materi dan alat bantu untuk sesi pendidikan gizi di dalam kelas. Kader kesehatan kesehatan juga bisa memfasilitasi permainan serta diskusi kelompok dalam sesi pendidikan gizi.

  • Melibatkan Warga Sekolah dalam Program Gizi

Seluruh warga sekolah perlu dilibatkan dalam program gizi. Oleh karena itu, kader kesehatan sekolah dapat membuat dan merancang program-program yang berkaitan dengan konsep gizi seimbang. Program-program tersebut dapat dirancang dengan melibatkan seluruh elemen warga sekolah seperti peserta didik, guru, ataupun orang tua peserta didik. Selain itu juga dapat membantu guru dalam melakukan kampanye gizi seimbang.

  • Melakukan Pembinaan Kantin Sekolah

Kantin sekolah menjadi salah satu fasilitas yang penting. Maka dari itu, perlu dilakukan pembinaan terhadap kantin yang ada di lingkungan sekolah agar bisa menyajikan makanan yang sehat dan juga bersih. Guru dan tim kader kesehatan sekolah melakukan penyuluhan kepada pengelola kantin di sekolah tentang konsep kebersihan makanan dan makanan bergizi seimbang.

Itulah tadi beberapa peran dan tanggung jawab peserta didik kader kesehatan sekolah. Tetaplah semangat untuk melakukan edukasi dan juga penyuluhan terhadap kesehatan dan juga pentingnya gizi seimbang kepada warga sekolah. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Sobat SMP!

 

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Referensi:

Buku Pedoman Program Gizi Seimbang Jenjang SMP terbitan Direktorat SMP tahun 2021

Scroll to Top