Pentingnya Minum Susu Sapi untuk Kesehatan Tubuh

Halo Sobat SMP! Apakah kalian suka minum susu? Seberapa rutin kalian meminumnya? Susu sapi memiliki kandungan yang terdiri dari protein, kalium, kalsium, vitamin D, vitamin A, vitamin B12, vitamin B2, niasin, fosfor, zat besi, karbohidrat, dan mineral yang bermanfaat untuk kesehatan tubuh, lho. Lalu apa saja manfaat-manfaat yang bisa didapatkan dengan meminum susu sapi? Yuk simak penjelasannya!

1. Meningkatkan Imunitas Tubuh

Manfaat pertama yang bisa kalian dapatkan ketika meminum susu sapi adalah meningkatnya imunitas tubuh. Dengan meningkatnya imun tubuh maka kita  tidak mudah terserang penyakit.

2. Memperkuat Tulang

Minum susu secara rutin dapat membuat tulang menjadi lebih padat dan kuat sehingga mengurangi kemungkinan tulang rapuh (osteoporosis) di masa mendatang.

3. Memelihara Kesehatan Jantung

Manfaat lain yang dapat Sobat SMP dapatkan dengan minum susu adalah terpeliharanya kesehatan jantung. Susu sapi mengandung kalium yang dapat mengurangi risiko penyakit kardiovaskular (penyakit jantung dan pembuluh darah).

4. Mendukung Berat Badan Ideal

Minum susu juga bisa membantu kalian mendapatkan berat badan yang ideal. Sebuah penelitian mengungkapkan, anak-anak yang minum susu secara rutin memiliki 38% resiko obesitas lebih rendah dibanding anak-anak yang tidak meminumnya.

5. Menjaga Kesehatan Gigi

Baca Juga  Lebih dari 2.700 Mahasiswa Siap Bertugas di 682 Sekolah di Jawa Barat dalam Kampus Mengajar Angkatan 5

Minum susu dapat menjaga kesehatan gigi. Kandungan protein, kalsium,dan fosfor yang ada dalam susu dapat melindungi email gigi sehingga mencegah timbulnya lubang pada gigi.

6. Meningkatkan Kinerja Otak

Susu mengandung protein hewani yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif dan intelektual. Kandungan Vitamin B12, asam lemak B6, dan B9 penting untuk kinerja saraf di otak sehingga bisa berfungsi secara maksimal.

7. Meningkatkan Kualitas Tidur

Minum susu dapat meningkatkan kualitas tidur kalian karena susu mengandung zat yang dapat merangsang rasa kantuk sehingga bisa membuat tidur menjadi lebih pulas.

Nah itulah manfaat-manfaat dari susu sapi, untuk mendapatkan manfaat jangka panjangnya, Sobat SMP perlu mengkonsumsi susu secara rutin minimal satu kali dalam sehari, dan jangan lupa imbangi dengan makan-makanan sehat serta olahraga. Semoga informasi ini bermanfaat ya, Sobat SMP!

 

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Referensi:

https://sumbarprov.go.id/home/news/6945-manfaat-susu-sapi-bagi-manusia

https://disnakkeswan.jatengprov.go.id/index.php/read/sdm-unggul-indonesia-maju-ya-harus-minum-susu

https://portal.pangandarankab.go.id/berita/pemkab/ayo-minum-susu-setiap-hari!

https://kominfo.jatimprov.go.id/berita/konsumsi-susu-masyarakat-indonesia-relatif-rendah

https://www.pertanian.go.id/home/?show=news&act=view&id=4397#:~:text=Ia%20juga%20mengatakan%20secara%20umum,meminimalisir%20potensi%20terinfeksi%20agen%20penyakit

Scroll to Top