Pentingnya Menjaga Kesehatan Telinga

Halo Sobat SMP! Telinga merupakan salah satu indera terpenting manusia untuk menangkap gelombang suara, sehingga kita bisa mendengar. Untuk itu rasanya Sobat SMP perlu menjaga kebersihan dan kesehatan  telinga agar tidak mengganggu fungsi pendengaran. Dilansir dari Data Word Health Organization (WHO, 2021) lebih dari 5% populasi dunia mengalami gangguan pendengaran salah satu penyebabnya adalah infeksi/ otitis media. Di Indonesia banyak kasus gangguan pendengaran terjadi karena kurangnya pengetahuan dalam menjaga kesehatan telinga. Berdasarkan data Riskesdas 2013 prevelensi mencapai 0,09 %  sebesar 2,6 dari seluruh wilayah di Indonesia dan dapat meningkat dari tahun ke tahun. 

Sakit yang terjadi pada telinga dapat disebabkan oleh berbagai hal. Mulai dari faktor genetik, penyumbatan kotoran telinga/serumen prop, komplikasi ketika lahir, penyakit menular tertentu, infeksi, penggunaan obat-obatan tertentu, atau penuan akibat kerusakan saraf. 

Dampak dan Bahaya yang terjadi akibat mengabaikan kesehatan telinga:

  • Infeksi Telinga

Adanya penumpukan kotoran atau kelembaban di telinga dapat memicu risiko infeksi telinga. Infeksi ini terbagi dalam dua jenis yaitu otitis eksterna (infeksi telinga luar) dan otitis media (infeksi telinga tengah). Penderita akan merasakan nyeri, gatal, dan keluarnya cairan kekuningan, bening atau keruh pada telinga.

  • Gangguan Pendengaran

Infeksi atau akumulasi kotoran yang tidak diatasi dengan baik menyebabkan gangguan pendengaran. Tentu hal ini berpengaruh dalam proses komunikasi, interaksi sosial, dan kualitas hidup secara keseluruhan.

  • Tinnitus/ Berdenging: 

Penderita tinnitus mengalami gangguan bunyi yang berdenging atau berdengung akibat kerusakan pada saraf pendengaran.

  • Vertigo dan Gangguan Keseimbangan

Vertigo dapat terjadi akibat penderita yang mengalami infeksi atau masalah di telinga yang cukup serius. Hal ini  berpengaruh pada keseimbangan dan menyebabkan pusing berputar.

  • Kerusakan Telinga Akibat Kebisingan

Paparan kebisingan yang berlebihan dapat merusak sel-sel rambut di telinga. Hal ini memicu gangguan pendengaran permanen atau tinnitus.

  • Gangguan Emosional dan Psikologis

Gangguan pendengaran berdampak pada emosional seseorang seperti isolasi sosial, kesulitan berkomunikasi, dan depresi atau kecemasan.

  • Gangguan Tidur
Baca Juga  5 Perpustakaan Modern yang Menarik Dikunjungi

Gangguan tidur dapat terjadi ketika seseorang mengalami Tinnitus atau telinga berdenging. Nyeri telinga dapat mengganggu tidur dan menyebabkan penderita sulit tidur.

  • Kerusakan Struktural

Kerusakan struktural terjadi akibat penanganan yang tidak tepat terhadap telinga. Membersihkan telinga dengan benda tajam atau cotton buds akan mendorong kotoran telinga terlalu dalam hingga mengalami peradangan.

Sobat SMP, untuk menjaga kesehatan telinga perlu dilakukan trik dan tips berikut ini:

1. Hindari membersihkan telinga terlalu dalam

Penggunaan benda tajam atau cotton buds untuk membersihkan telinga tidak tepat. Hal ini  dapat mendorong kotoran lebih dalam dan menyebabkan masalah hingga infeksi.

2. Melakukan irigasi telinga

Irigasi telinga dilakukan dengan cara membersihkan telinga secara lembut dengan menggunakan air hangat dan pipa khusus. Hindari pemakaian sabun atau cairan pembersih yang keras. 

3. Melindungi telinga dari air dan kebisingan

Ketika berenang, hindari masuknya air ke dalam telinga. Sama halnya ketika menghabiskan waktu di lingkungan yang bising. Sobat SMP bisa menggunakan penutup telinga untuk melindungi telinga.

4. Penggunaan headset/earphone 60/60 

Batasi penggunaan earphone hingga 60 menit dan batasi volume maksimal hanya 60%. Sebaiknya berikan telinga untuk mendapatkan istirahat yang cukup. Hal ini mencegah kelelahan pendengaran dan kerusakan jangka panjang.

5. Mengunjungi dokter

Apabila Sobat SMP mengalami gangguan pendengaran antara lain nyeri, terasa penuh, keluar cairan dari telinga, konsultasi dengan dokter ahli THT adalah langkah yang tepat untuk mencegah infeksi lebih lanjut.

Menjaga kesehatan telinga sangatlah penting, terutama pada masa remaja. Telinga yang sehat membantu Sobat SMP mendengar dengan jelas dan mencegah gangguan pendengaran di kemudian hari. Oleh karena itu, penting bagi Sobat SMP untuk menjaga kesehatan telinga  dengan melakukan perawatan yang benar dan menghindari kebiasaan-kebiasaan yang dapat membahayakan telinga. Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah pengetahuan Sobat SMP!

 

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Sumber: https://yankes.kemkes.go.id/view_artikel/3072/bahaya-serta-dampak-mengabaikan-kesehatan-telinga-yuk-kenali-tips-dan-triknya 

Scroll to Top