Pentingnya Mencuci Tangan dengan Sabun Untuk Kesehatan

Riset Kesehatan Dasar Kementerian Kesehatan yang dirilis tahun 2019 menyatakan bahwa diare dan ISPA menjadi menjadi dua penyakit yang dialami oleh anak-anak dan orang dewasa. Berdasarkan laporan tersebut, prevalensi kasus diare pada masyarakat umum adalah 8% sedangkan pada balita sebesar 12,3% pada tahun 2018. 

Penyakit diare sendiri dapat dicegah dengan Cuci Tangan Pakai Sabun (CPTS) secara teratur dan benar. Oleh sebab itu, fasilitas CPTS sangat penting tersedia di berbagai area publik seperti di fasilitas pelayanan kesehatan, tempat-tempat umum, terutama di sekolah. Fasilitas cuci tangan pakai sabun di sekolah kini menjadi sarana yang wajib disediakan dalam rangka pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas. 

Tetapi, ketersediaan sarana CPTS di sekolah tidaklah cukup. Seluruh warga sekolah juga wajib dibekali pengetahuan mengenai langkah-langkah mencuci tangan yang baik dan benar. Nah, apakah Sobat sudah tahu gerakan wajib dalam mencuci tangan? 

Setidaknya terdapat ada enam gerakan wajib diantaranya adalah menggosokkan kedua tangan satu sama lain, menggosok telapak tangan dengan jari-jari yang saling bertautan, menggosok telapak tangan antara jemari dengan posisi saling mengunci, menggosok punggung tangan dengan jemari, menggosok ujung jari pada telapak tangan hingga mengenai kuku terkena sabun, dan terakhir memegang dan cuci ibu jari dengan posisi melingkar.

Setelah mengetahui langkah-langkah mencuci tangan menggunakan sabun yang baik dan benar, Sobat SMP juga perlu loh mengetahui waktu-waktu penting mencuci tangan bagi remaja sekolah. Kapan sajakah waktu penting mencuci tangan?

  1. Sebelum dan sesudah makan 
  2. Sesudah menggunakan toilet
  3. Sesudah menyentuh atau bermain dengan binatang
  4. Sesudah membersihkan lingkungan rumah
  5. Sebelum masuk rumah sepulang sekolah 
  6. Sebelum masuk gerbang pintu masuk sekolah
  7. Sebelum memasuki kelas 
  8. Setelah salam pulang sekolah (di rumah) 
  9. Setelah batuk dan bersin
  10. Setelah menyentuh permukaan fasilitas umum

Bagi Sobat SMP yang ingin mengetahui lebih lanjut mengenai pentingnya mencuci tangan pakai sabun dapat menyimak video selengkapnya melalui kanal Youtube milik Direktorat SMP pada tautan berikut. Jangan lupa untuk like dan subscribe berbagai video di kanal Youtube kami, ya

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Baca Juga  Peduli dengan Masa Depan Peserta Didik, Direktorat SMP Gelar Webinar Bertajuk “Generasi Sehat Generasi Bahagia Tanpa Narkoba”

Referensi: 

Bahan paparan Drg. R. Vensya Sitohang, M.Epid., Direktur Kesehatan Lingkungan, Direktorat Kesehatan Lingkungan Kementerian Kesehatan yang disampaikan pada Webinar Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia

Scroll to Top