Pembaruan Aplikasi Dapodik Versi 2022.c

Menindaklanjuti penambahan kurikulum dan fitur baru rapor khusus untuk sekolah penggerak pada Aplikasi Dapodik yang dapat mengganggu kelancaran satuan pendidikan dalam melakukan pemutakhiran data semester 1 Tahun Ajaran 2021/2022, maka saat ini dirilis Aplikasi Dapodik versi 2022.c yang telah dilakukan perbaikan dan penambahan kurikulum untuk sekolah Penggerak jenjang Pendidikan Khusus dan PAUD.

Terdapat dua pembaruan utama pada aplikasi Dapodik versi 2022.c yaitu terakomodirnya kurikulum Sekolah Penggerak untuk jenjang SLB dan TK dan penambahan fitur baru cetak rapor bagi satuan pendidikan penyelenggara kurikulum sekolah penggerak. 

Selain melakukan pembaruan fitur, aplikasi Dapodik versi 2022.c juga melakukan perbaikan pada beberapa fitur yang sebelumnya mengalami kendala. Perbaikan yang dilakukan antara lain perbaikan bugs yang terjadi pada saat menyimpan isian pada formulir sekolah serta penyesuaian validasi pengecekan yayasan pada sekolah swasta. 

Bagi Satuan pendidikan yang sudah Instal Aplikasi Dapodik versi 2022.a, 2022.b dan 2022.a-sp sekolah tidak perlu melakukan uninstall pada aplikasi tersebut. Agar dapat melakukan pembaruan Aplikasi Dapodik versi 2022.c, Satuan Pendidikan dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Unduh file patch dapodik 2022.c
  2. Install patch dapodik 2022.c
  3. Refresh browser (ctrl+F5)
  4. Login Aplikasi Dapodik. Pastikan tampilan aplikasi sudah versi 2022.c

Bagi Sekolah Penggerak jenjang Pendidikan Khusus dan PAUD agar dapat mengupdate pembelajaran menjadi Kurikulum Sekolah Penggerak dapat mengikuti langkah berikut:

  1. Login Aplikasi Dapodik;
  2. Gunakan fitur tarik data untuk pembaruan referensi aplikasi;
  3. Pilih Menu Rombongan Belajar;
  4. Klik Tambah Rombongan Belajar;
  5. Isi semua kolom dan pastikan kolom kurikulum dipilih Kurikulum Sekolah Penggerak;
  6. Klik Simpan

Jadi,  jangan lupa untuk memperbarui aplikasi Dapodik ya Sobat SMP! Untuk informasi lebih lanjut Sobat SMP bisa mengakses situs dapo.kemdikbud.go.id serta mengikuti akun instagram resmi Dapodik pada tautan berikut.

 

Baca Juga  Membentuk Karakter Pelajar Melalui Tiga Permainan Tradisional

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Scroll to Top