Mudahnya Belajar Kurikulum Merdeka Lewat Platform Merdeka Mengajar

Sobat SMP ingin mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di satuan pendidikan namun belum memahaminya? Untuk mempermudah Sobat SMP mempelajari dan menerapkan Kurikulum Merdeka, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi telah menghadirkan media untuk mempelajari Kurikulum Merdeka secara mandiri lewat platform Merdeka Mengajar.

Bagi Sobat SMP belum mengeksplorasi ragam fitur di platform Merdeka Mengajar, kali ini Direktorat SMP akan mengupas langkah-langkah mudah mempelajari Kurikulum Merdeka melalui platform Merdeka Mengajar. Bagaimana caranya? Yuk, ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Masuk ke Platform Merdeka Mengajar

Pastikan Sobat SMP telah mengunduh aplikasi Merdeka Mengajar mengajar melalui Playstore di perangkat Android atau dapat membuka laman https://guru.kemdikbud.go.id/ peramban yang tersedia di komputer. Silakan masuk menggunakan akun Belajar.id atau madrasah.kemenag.go.id yang telah dimiliki.

2. Pelajari Filosofi dan Prinsip Kurikulum Merdeka

Pada halaman awal di aplikasi laman Merdeka Mengajar terdapat menu “Tentang Kurikulum Merdeka” yang bisa dipilih. Apabila Sobat SMP mengakses platform Merdeka Mengajar melalui peramban, dapat menemukan section “Tentang Kurikulum Merdeka” pada bagian bawah halaman. Akan terdapat dua pilihan yang muncul yaitu “Prinsip Dasar” dan “Penerapan Kurikulum”. Pada bagian “Prinsip Dasar” akan muncul penjelasan mengenai prinsip dan konsep pembelajaran paradigma baru. Sedangkan pada bagian “Penerapan Kurikulum” terdapat penjelasan mengenai profil Pancasila, capaian pembelajaran, dan contoh alur tujuan pembelajaran.

3. Ikuti Pelatihan Mandiri Secara Bertahap

Setelah memahami konsep dasar dan bagaimana penerapan Kurikulum Merdeka, selanjutnya Sobat SMP dapat mengikuti pelatihan mandiri yang berhubungan dengan Kurikulum Merdeka di platform Merdeka Mengajar. Pada tampilan awal di aplikasi maupun laman Merdeka Mengajar pilih menu “Pelatihan Mandiri” lalu pilih topik “Kurikulum Merdeka”, pilih “Modul 2 Kurikulum Merdeka” lalu pilih “Pelajari Materi”. Akan muncul 3 pilihan materi yaitu prinsip umum pembelajaran, capaian pembelajaran, dan struktur pembelajaran dengan paradigma baru. Setelah semua modul selesai dipelajari, bagi Sobat SMP yang mengakses platform berbasis web bisa mengerjakan “Post Test” untuk mengevaluasi pemahaman. Sedangkan bagi Sobat SMP yang mengakses melalui aplikasi Android dapat mengerjakan submenu “Aksi Nyata”.

4. Belajar Bersama Komunitas Guru

Baca Juga  Siap Sambut Tahun Ajaran Baru, Siniar Dialog Sobat SMP Bahas MPLS

Bagi Sobat SMP yang masih belum memahami sepenuhnya terkait prinsip dan implementasi Kurikulum Merdeka dapat belajar bersama guru lain di seluruh Indoneia melalui Komunitas Belajar yang terintegrasi pada platform Merdeka Mengajar baik yang berbasis web maupun berbasis aplikasi. Dengan bergabung di Komunitas Belajar, Sobat SMP bisa berdiskusi dengan sesama guru yang telah mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Sobat SMP juga dapat mencari narasumber untuk berbagi praktik baik di daerah masing-masing. Menu “Komunitas” terdapat pada tampilan awal platform Merdeka Mengajar.

Sangat mudah, bukan? Jadi segera unduh atau akses platform Merdeka Mengajar untuk belajar lebih dalam mengenai Kurikulum Merdeka. Setelah mempelajarinya, jangan ragu untuk masuk dalam komunitas belajar dan berbagi aksi nyata, ya. Siapa tahu apa yang Sobat SMP terapkan di sekolah menjadi inspirasi bagi guru-guru lain. Semangat bergerak, semangat berubah!

 

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Referensi: 

https://guru.kemdikbud.go.id/

Scroll to Top