Menjaga Lingkungan Hidup dengan Melakukan Enam Langkah Pelestarian

Sobat SMP, tahukah bahwa setiap tanggal 5 Juni diperingati sebagai Hari Lingkungan Hidup (HLH) Sedunia? Peringatan Hari Lingkungan Sedunia tahun ini merupakan perayaan 50 tahun Konferensi Stockholm. HLH Sedunia tahun ini kembali diperingati dengan tema yang sama seperti 50 tahun yang lalu yaitu “Only One Earth” (Sustainably in Harmony with Nature). Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) telah menetapkan tema nasional untuk Indonesia yaitu “Satu Bumi untuk Masa Depan”. 

Nah, dalam rangka memperingati Hari Lingkungan Hidup Sedunia Direktorat Sekolah Menengah Pertama ingin berbagi informasi mengenai enam langkah melestarikan lingkungan yang bisa dilakukan oleh Sobat SMP sebagai pelajar. Apa sajakah itu?

1. Tidak Membuang Sampah Sembarangan 

Sampah masih menjadi permasalahan besar yang dihadapi oleh Indonesia. Terlebih masih banyak masyarakat Indonesia yang belum membuang sampah secara tertib di tempatnya. Sobat SMP mungkin pernah melihat masyarakat yang tinggal di bantaran sungai membuang sampah sembarangan ke aliran sungai. Hal ini kemudian mengakibatkan air sungai menjadi tercemar, aliran sungai pun menjadi terhambat dan berpotensi mengakibatkan banjir di wilayah tersebut. Selain itu, lingkungan juga menjadi tidak sehat karena banyak sampah yang mengapung di pinggir sungai. 

2. Tidak Membakar Sampah

Pernahkah Sobat SMP mendapati tetangga sekitar rumah yang membakar sampah? Padahal sebenarnya aktivitas membakar sampah sangat tidak disarankan, loh. Membakar sampah dapat melepaskan gas-gas yang menyebabkan kerusakan ozon. Sedangkan ozon berfungsi mengatur jumlah atau porsi sinar ultraviolet yang masuk ke permukaan Bumi, melindungi Bumi agar sinar ultraviolet tersebut tidak langsung mengenai permukaan Bumi, menyerap sinar ultraviolet, menjaga suhu di Bumi agar tetap stabil, melindungi permukaan Bumi dari benda- benda langit yang jatuh.

3. Menghemat Energi 

Salah satu langkah yang dapat dilakukan oleh Sobat SMP di kehidupan sehari-hari adalah dengan melakukan penghematan energi. Bagaimana melakukannya? Sobat SMP dapat mematikan lampu di siang hari atau sedang tidak dipakai. Penghematan energi juga bisa dilakukan dengan menghemat BBM dengan meminimalisir penggunaan kendaraan bermotor. Bila hendak pergi ke tempat yang relatif dekat, gunakan sepeda atau berjalan kaki agar emisi dari kendaraan tidak mencemari udara. 

4. Menggunakan Produk Daur Ulang 

Baca Juga  Menjadi Petani Milenial dengan Teknologi Budidaya Tanaman

Menggunakan produk daur ulang dapat menjadi langkah yang membantu mengurangi sampah. Sobat SMP dapat mencoba membuat produk daur ulang dari sampah rumah tangga misalnya memanfaatkan kardus bekas menjadi wadah tempat penyimpanan. Saat ini Sobat SMP dengan cukup mudah bisa membeli produk-produk hasil daur ulang di pasaran. 

5. Menanam Pohon

Semakin sedikitnya lahan hijau di Indonesia juga menjadi permasalahan yang tidak dapat diabaikan. Sebagai pelajar, Sobat SMP juga harus mengambil tindakan nyata untuk  melestarikan lingkungan dengan cara menanam pohon di sekitar rumah. Area pekarangan rumah yang ditanami pohon berfungsi sebagai area resapan air. Bila curah hujan tinggi, area resapan air inilah yang bisa mencegah terjadinya banjir.

6. Mengurangi Sampah

Jumlah sampah yang dihasilkan setiap tahun di Indonesia masih sangat tinggi. Berdasarkan data Direktorat Penanganan Sampah Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan pada tahun 2021 terdapat 23,040,652.28 ton timbulan sampah yang berasal dari sampah rumah tangga dan sampah sejenis sampah rumah tangga dimana 28,29% dari total timbulan sampah yang ada merupakan jenis sampah sisa makanan dan 15.69% adalah sampah plastik. Oleh sebab itu, Sobat SMP dapat mencoba mengurangi timbulan sampah dari aktivitas sehari-hari khususnya sampah makanan dan sampah plastik. Ketika mengambil makanan, pastikan makanan tersebut dapat dihabiskan sehingga tidak terbuang. Sobat SMP juga dapat menggunakan kantong belanja dari kain serta menggunakan wadah yang bisa digunakan berkali-kali.

Jadi, langkah apa saja yang sudah atau akan Sobat SMP lakukan untuk menjaga kelestarian lingkungan? Jangan lupa juga untuk mengajak keluarga atau teman terdekat agar ikut melestarikan lingkungan, ya. Karena dengan melestarikan lingkungan, artinya kita turut  menjaga masa depan bumi.

 

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Referensi: 

https://bsilhk.menlhk.go.id/index.php/2022/06/02/panduan-tema-dan-logo-hari-lingkungan-hidup-sedunia-2022/

https://disperkimta.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/cara-menjaga-dan-memelihara-lingkungan-alam-di-sekitar-kita-29

https://dlh.paserkab.go.id/detailpost/cara-menjaga-lingkungan-hidup

Scroll to Top