Menilik Waktu Pengerjaan dan Jumlah Soal dalam Asesmen Nasional Jenjang SMP

Halo, Sobat SMP! Apakah kalian sudah mempersiapkan diri untuk melaksanakan Asesmen Nasional Berbasis Komputer atau yang juga dikenal dengan ANBK? Masih sama seperti tahun sebelumnya, pada ANBK 2022 ini terdapat tiga instrumen. Di antaranya adalah Asesmen Kompetensi Minimum (AKM), Survei Lingkungan Belajar, dan juga Survei Karakter.

Bagi Sobat SMP yang belum mengetahui tentang instrumen ANBK bisa membaca artikel mengenai Instrumen dalam Asesmen Nasional. Setelah memahami masing-masing instrumen, Sobat SMP juga harus mengetahui berapa jumlah soal dan juga waktu pengerjaannya.

Seperti yang tadi sudah dijelaskan di awal bahwa Asesmen Nasional memiliki tiga instrumen, yaitu Asesmen Kompetensi Minimum, Survei Karakter, dan juga Survei Lingkungan belajar. Tentunya terdapat perbedaan jumlah butir soal yang muncul dari tiap instrumennya. Nah maka dari itu, yuk langsung saja disimak informasinya!

  • Asesmen Kompetensi Minimum: Waktu 90 menit

Asesmen Kompetensi Minimum atau AKM adalah bagian dari Asesmen Nasional yang menguji kemampuan literasi membaca dan juga literasi numerasi. Karena terdiri dari dua literasi, pelaksanaan AKM dibagi menjadi dua hari. Hari pertama peserta didik akan mengerjakan literasi membaca, sedangkan literasi numerasi dikerjakan di hari kedua.

Untuk masing-masing AKM, peserta didik jenjang SMP diberikan waktu sebanyak 90 menit dalam mengerjakan soal-soal yang akan ditampilkan. Jumlah soal baik literasi membaca dan juga literasi numerasi adalah 36 butir soal yang terbagi ke dalam tiga stage.

  • Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar: Waktu 30 menit
Baca Juga  Seperti Apa Pengaplikasian Hukum Pascal di Kehidupan Sehari-hari?

Survei Karakter bertujuan mengukur hasil belajar nonkognitif peserta didik, sedangkan Survei Lingkungan Belajar untuk mengukur kualitas lingkungan belajar pada satuan pendidikan. Keduanya dilaksanakan pada hari yang berbeda. Survei Karakter dilakukan di hari pertama setelah AKM literasi membaca dan Survei Lingkungan Belajar dilakukan di hari kedua setelah AKM literasi numerasi.

Waktu yang diberikan untuk mengerjakan Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar masing-masing adalah 30 menit. Nantinya di dalam Survei Karakter dan Survei Lingkungan Belajar akan dikategorisasikan menjadi beberapa kelompok pertanyaan. Namun, tiap kelompok pertanyaan memiliki aspek-aspek pernyataan yang beragam jumlahnya.

Nah, itu dia tadi waktu pengerjaan dan jumlah soal yang akan muncul di dalam Asesmen Nasional. Untuk pelaksanaan ANBK jenjang SMP dijadwalkan akan dilaksanakan pada 19-22 September 2022 yang terbagi ke dalam dua gelombang. Sobat SMP dapat melihat rinciannya pada tabel di bawah ini:

Jadwal ANBK jenjang SMP sederajat

Semoga informasi ini bisa bermanfaat bagi Sobat SMP yang akan melaksanakan Asesmen Nasional di pertengahan September mendatang. Pantau terus website resmi Direktorat SMP untuk informasi-informasi penting lainnya terkait ANBK. Semoga bermanfaat ya, Sobat SMP!


Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Referensi:

https://pusmendik.kemdikbud.go.id/an/ 

https://anbk.kemdikbud.go.id/ 

Prosedur Operasional Standar tentang Penyelenggaraan Asesmen Nasional Tahun 2022

Scroll to Top