Mengenal Surat Pribadi dan Surat Dinas

Halo, Sobat SMP! Surat merupakan media komunikasi yang penting sepanjang masa. Sebagai media komunikasi, surat memegang peranan vital dalam membina hubungan antarpribadi, antar-unit kerja pada sebuah instansi, bahkan antar-negara. Surat menampung pikiran dan perasaan penulis atau pengirim untuk diketahui pihak lain, sehingga dapat dikatakan bahwa surat adalah perwujudan tertulis tentang aspirasi seseorang. Bahkan, tidak jarang surat dianggap sebagai representasi seseorang itu sendiri.

Jenis-Jenis Surat: Surat Pribadi dan Surat Dinas

Secara umum, surat dapat dikategorikan menjadi dua jenis utama: surat pribadi dan surat dinas. Keduanya memiliki fungsi dan tujuan yang berbeda, serta memiliki ciri khas masing-masing.

Surat Pribadi

Surat pribadi adalah surat yang ditulis oleh seseorang kepada individu lain dengan tujuan pribadi. Biasanya, surat ini berisi ungkapan perasaan, pikiran, dan informasi yang bersifat pribadi atau keluarga. Beberapa ciri umum dari surat pribadi adalah:

  1. Bahasa yang Digunakan: Bahasa dalam surat pribadi cenderung informal dan santai. Penggunaan bahasa sehari-hari atau dialek tertentu seringkali ditemukan.
  2. Struktur Surat: Surat pribadi umumnya memiliki struktur yang fleksibel, namun biasanya diawali dengan salam pembuka, diikuti dengan isi surat, dan diakhiri dengan salam penutup.
  3. Isi Surat: Isi surat pribadi sangat bervariasi, mulai dari bercerita tentang kegiatan sehari-hari, menyampaikan kabar, hingga mengungkapkan perasaan.

Contoh situasi di mana surat pribadi digunakan termasuk mengirim surat kepada teman, anggota keluarga, atau pasangan.

Surat Dinas

Berbeda dengan surat pribadi, surat dinas adalah surat yang digunakan untuk keperluan resmi atau formal. Surat dinas biasanya ditulis oleh seseorang yang mewakili suatu instansi atau organisasi dan ditujukan kepada instansi atau individu lain dalam rangka urusan resmi. Ciri umum dari surat dinas antara lain:

  1. Bahasa yang Digunakan: Surat dinas menggunakan bahasa yang formal dan baku. Kalimatnya harus jelas, padat, dan langsung ke pokok permasalahan.
  2. Struktur Surat: Struktur surat dinas lebih kaku dan formal. Biasanya terdiri dari kop surat, nomor surat, tanggal, alamat tujuan, salam pembuka, isi surat, salam penutup, dan tanda tangan serta nama jelas pengirim.
  3. Isi Surat: Isi surat dinas mencakup informasi resmi seperti pengumuman, permohonan, pemberitahuan, atau laporan. Semua informasi harus disampaikan secara jelas dan terperinci.

Surat dinas digunakan dalam berbagai keperluan resmi, misalnya surat undangan rapat, surat permohonan izin, surat pemberitahuan resmi, dan lain-lain.

Perkembangan Teknologi dan Surat

Baca Juga  Kampanye Sekolah Sehat, Wadah Implementasi Anak Indonesia yang Sehat, Cerdas dan Berkarakter

Dalam kehidupan modern saat ini, surat masih memegang peranan penting, terutama dalam dunia pekerjaan yang menuntut semua bentuk komunikasi terencana, terlaksana, dan terdokumentasi dengan baik. Perkembangan teknologi memungkinkan surat tidak lagi ditulis dengan pulpen dan kertas, tetapi melalui komputer atau laptop. Surat elektronik (email) telah menjadi media komunikasi yang umum digunakan dalam banyak aspek kehidupan, baik pribadi maupun dinas.

Pentingnya Memahami Surat

Pengetahuan tentang surat dan cara menulisnya dengan baik sangat penting. Selain mengasah kemampuan kosa kata, belajar menulis surat juga mengajarkan cara yang santun dalam berkomunikasi tertulis dengan orang lain. Meskipun menulis surat di atas kertas kini jarang dilakukan, keterampilan ini tetap relevan dan bermanfaat, baik dalam konteks pribadi maupun profesional.

Pernahkah Sobat SMP menulis surat? Untuk siapa surat itu ditujukan? Meskipun sekarang ini surat yang ditulis di selembar kertas sudah semakin jarang dilakukan, keterampilan menulis surat tetap penting untuk dipelajari dan dikuasai. Ini akan membantu Sobat SMP dalam menyampaikan informasi dan maksud tertentu secara tertulis dengan baik dan benar. Bagi Sobat SMP yang ingin mempelajari lebih dalam, Sobat SMP bisa melihat modul bahasa Indonesia pada link berikut ini. Semoga artikel ini menambah pengetahuan dan membantu pembelajaran, sampai jumpa pada artikel selanjutnya!

 

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Sumber : https://ditsmp.kemdikbud.go.id/bahasa-indonesia-modul-6-suratku/

Scroll to Top