Mengenal 4 Wajah Inspirasi Kartini Era Milenial

Halo, Sobat SMP! Tanggal 21 April selalu menjadi hari bersejarah untuk memperingati Hari Kartini. Bicara soal Kartini, ia memang dikenal sebagai salah satu pahlawan nasional wanita yang hebat dan berpengaruh pada masanya. 

Namun, tahukah kamu bahwa di era modern ini, semakin bermunculan sosok wanita hebat, mandiri, dan menginspirasi seperti RA. Kartini. Wanita-wanita ini pun dari berbagai bidang dan memiliki talenta masing-masing loh

Penasaran? Siapa saja sih sederet wanita yang menjadi inspirasi Kartini masa kini? Yuk, simak penjelasan berikut ini Sobat SMP! 1. 1. 1. Maudy Ayunda

Masih menjadi hal menakjubkan ketika penyanyi Maudy Ayunda ditunjuk sebagai juru bicara dalam forum Presidensi Group Twenty (G20). Keputusan tersebut memang menjadi upaya pemerintah RI agar bisa terhubung dengan generasi muda. 

Sebelumnya, Maudy memang sudah tersohor di dunia seni musik dan peran. Kendati memiliki karir yang cemerlang, Ia tidak melupakan kewajiban belajarnya. 

Maudy berhasil menempuh pendidikan di Oxford University dengan jurusan PPE (Politic, Phylosophy, and Economics). Serta melanjutkan belajar di Stanford University, dengan mengambil dua jurusan sekaligus, yaitu Administrasi Bisnis dan Pendidikan. 

Baginya pencapaian emas yang Ia raih, bermula dari rasa kepercayaan dirinya. Ditambah dengan kemauan ingin belajar hal baru, membuat Maudy tidak terlena dengan suatu keberhasilan.

2. Najwa Shihab

Najwa sebagai pembawa acara berita yang mulai dikenal saat meliput bencana tsunami Aceh, Desember 2004. Liputan dan laporannya dinilai memberi andil bagi meluasnya kepedulian dan empati masyarakat luas terhadap tragedi kemanusiaan itu.

Bahkan pada tahun 2005, ia memperoleh penghargaan dari PWI Pusat dan PWI Jaya berkat berita yang ia sampaikan. Pengakuan terhadap profesionalisme Najwa tidak hanya datang dari dalam negeri, tapi juga mancanegara. Terbukti, ia berhasil masuk dalam Asian Television Awards untuk kategori Best Current Affairs/Talkshow Presenter.

Sampai saat ini Najwa Shihab masih menjadi sosok wanita Indonesia yang tidak hanya cantik dan elegan. Tapi juga sosok wanita yang pintar, tegas dan independen.

3. Sheila Agatha Wijaya

Baca Juga  Pemangku Kepentingan Berkolaborasi dan Mendukung Implementasi Rapor Pendidikan

Indonesia ternyata memiliki brand lokal yang masuk ajang Paris Fashion Week 2022, yakni brand fashion Sean Sheila milik Sheila Agatha Wijaya. Diketahui, karya anak bangsa ini mendedikasikan dan memberdayakan produknya bagi para disabilitas.

Bahkan, tim produksi Sean Sheila 100 persen adalah penyandang disabilitas yang terdiri atas tunarungu dan tunawicara. Produksi pertama pada 2014 dan Sean Sheila juga bekerja sama dengan sekolah luar biasa Purbalingga. 

Sheila berpesan bagi penyandang disabilitas yang mungkin ingin seperti dirinya, agar terus memperluas wawasan dan relasi. Lalu, jangan pernah membatasi diri sendiri dan jangan cepat puas dengan suatu pencapaian.

4. Niki Zefanya

Baru-baru ini, Niki hangat dibicarakan karena menjadi penyanyi perempuan Indonesia pertama yang berhasil tampil di festival musik tahunan Coachella, California.

Ketekunannya terhadap musik sejak usia sembilan tahun membawa karirnya semakin cemerlang. Niki berhasil tampil dalam pembukaan konser Taylor Swift, mengisi soundtrack film Raya and The Last Dragon dan yang terbaru adalah untuk film Shang-Chi and The Legend of The Ten Rings.

Niki selalu memegang teguh untuk menjadi diri sendiri. Terdengar klise, namun memang itulah yang menjadi kunci pertama bagi seorang Niki hingga bisa menembus pasar musik Amerika. 

Nah, itulah sederet wanita yang meraih mimpi dengan kerja kerasnya dan berhasil mengharumkan nama bangsa melalui talentanya masing-masing, sobat SMP.

“Terkadang, kesulitan harus kamu rasakan terlebih dulu sebelum kebahagiaan yang sempurna datang kepadamu” – R.A Kartini.

Selalu simak website dan media sosial Direktorat SMP agar mendapatkan informasi menarik lainnya, ya Sobat SMP. Semoga informasi tersebut bermanfaat!

Scroll to Top