Mengapa Kita Perlu Beralih ke Energi Terbarukan?

Halo, Sobat SMP! Indonesia, tanah air yang kita cintai, ternyata bukan hanya kaya akan keindahan alamnya, tetapi juga menyimpan potensi besar dalam hal sumber energi terbarukan. Salah satu contohnya adalah energi angin. Mungkin beberapa dari kalian belum menyadarinya, namun Indonesia telah memanfaatkan energi angin untuk menghasilkan listrik. Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Sidrap I adalah contoh nyata komitmen pemerintah dalam mewujudkan target bauran primer EBT (Energi Baru Terbarukan), energi berkeadilan, serta pengembangan investasi di sektor EBT.

PLTB Sidrap I, yang berlokasi di Desa Mattirotasi dan Desa Lainungan, Kecamatan Watang Pulu, Kabupaten Sidenreng Rappang, Sulawesi Selatan, merupakan pembangkit skala komersial pertama di Indonesia. Pembangkit ini mulai beroperasi secara komersial pada tanggal 5 April 2018, setelah melalui pembangunan selama 2,5 tahun, dari Agustus 2015 hingga Maret 2018. PLTB ini memiliki kapasitas untuk menyuplai listrik kepada lebih dari 70.000 pelanggan dengan daya masing-masing pelanggan sebesar 900 Volt Ampere (VA). Sungguh luar biasa, bukan?

PLTB tidak hanya memberikan manfaat dalam menyediakan listrik bagi masyarakat, tetapi juga memiliki dampak yang positif terhadap lingkungan. PLTB merupakan pembangkit listrik yang aman, ramah lingkungan, dan tanpa polusi. Dengan demikian, PLTB dapat membantu mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan, termasuk dampak terhadap pemanasan global.

Perlu kita sadari bahwa masih banyak pembangkit listrik lain yang menggunakan sumber energi konvensional, seperti pembangkit listrik tenaga batu bara (PLTU). PLTU dapat memberikan dampak yang negatif bagi lingkungan dan kesehatan manusia. Pembakaran batu bara menghasilkan emisi gas rumah kaca dan partikel berbahaya yang dapat mencemari udara dan memperburuk kualitas udara yang kita hirup setiap hari.

Sebagai generasi muda Indonesia, sudah saatnya Sobat SMP memahami pentingnya beralih ke sumber energi terbarukan, seperti energi angin, untuk memastikan masa depan yang berkelanjutan bagi negeri kita. Mari, dukung pengembangan lebih lanjut dalam infrastruktur energi terbarukan demi menjaga keberlangsungan lingkungan hidup kita.

Semoga kita semua dapat menjadi bagian dari perubahan menuju masa depan yang lebih baik melalui pemanfaatan sumber energi terbarukan. Bagi Sobat SMP yang ingin mempelajari lebih dalam dapat melihat modul IPA teknologi ramah lingkungan  pada link berikut ini. Semoga artikel ini menambah pengetahuan dan membantu pembelajaran, sampai jumpa pada artikel selanjutnya!

 

Baca Juga  Mengenal 11 Cagar Budaya Nasional Baru

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Sumber : https://ditsmp.kemdikbud.go.id/ipa-kelas-ix-modul-10/

Scroll to Top