Mempelajari Teks Prosedur dalam Bahasa Indonesia

Halo, Sobat SMP! Pernahkah Sobat SMP membaca sebuah tulisan yang berisi langkah-langkah untuk melakukan sesuatu? Misalnya saja cara membuat kerajinan tas dari anyaman bambu atau cara memasak nasi goreng. Contoh-contoh tulisan tersebut termasuk ke dalam teks prosedur.

Teks prosedur adalah sebuah teks atau tulisan yang menjelaskan langkah-langkah atau cara-cara tertentu untuk mengerjakan sebuah maupun membuat sesuatu secara terstruktur dan juga sistematis. Teks prosedur yang kita dengar, baca, atau yang kita hasilkan bisa berada pada media apa pun. 

Orang yang melisankan atau menulis teks prosedur bisa untuk tujuan beragam. Bisa jadi seseorang menulis teks prosedur dengan tujuan untuk menjelaskan, mengarsipkan, memberi tahu, memberi petunjuk, dan masih banyak kemungkinan lain. Dalam kehidupan sehari-hari, teks prosedur sering digunakan untuk memberikan petunjuk agar seseorang dapat melakukan suatu pekerjaan secara tepat.

Ciri teks prosedur

Teks prosedur sendiri memiliki ciri khas yang dapat membedakannya dengan jenis teks lainnya. Dalam teks prosedur, ciri yang paling menonjol adalah terdapat panduan langkah-langkah yang harus dilakukan. Tak jarang juga teks prosedur mengandung material, bahan-bahan, ataupun peralatan yang perlu disiapkan.

Dari sisi kebahasaan, teks prosedur dapat diketahui dengan jelas melalui kata dan kalimat yang digunakan. Secara umum, teks prosedur pasti mengandung kalimat perintah, saran, dan larangan di dalam langkah-langkahnya. Contohnya adalah kalimat seperti lakukanlah ini, sebaiknya gunakan…, hindari melakukan…, dan sebagainya. Selain itu, kata konjungsi yang dipakai di dalam teks prosedur tersusun secara runut seperti pertama, kedua, kemudian, berikutnya, setelah ini, ataupun setelah melakukan ini.

Struktur teks prosedur

  • Judul

Judul adalah nama dari aktivitas atau kegiatan yang akan dilakukan. Contohnya seperti Cara Memasak Mi Instan, Langkah Mitigasi Risiko Bencana Banjir, dan Tutorial Membuat Kolam Ikan Sederhana.

  • Tujuan
Baca Juga  Memahami Konsep Pelaksanaan Asesmen Nasional Tahun 2021

Setelah judul, terdapat pengantar umum sebagai penanda apa yang akan dibuat atau dilakukan. Di dalam tujuan wajib menyebutkan apa yang hendak dibuat atau dilakukan. Gunakanlah pilihan kata-kata yang menarik perhatian serta menghindari ungkapan negatif.

  • Bahan atau alat

Struktur teks prosedur ini adalah opsional. Bisa ada ataupun tidak tergantung dari konteks teks prosedur yang dibicarakan. Umumnya bahan atau alat terdapat dalam teks prosedur yang membahas tentang pembuatan sebuah hal. 

  • Langkah

Langkah adalah hal yang paling utama di dalam sebuah teks prosedur. Bagian ini berisi tahapan, urutan kronologis, maupun panduan yang disusun secara runut. Disajikan dalam bentuk uraian paragraf atau penomoran. Selain itu, langkah teks prosedur menggunakan kata penghubung (waktu, tujuan, urutan) dan juga kalimat perintah (saran atau larangan).

  • Penutup

Bagian penutup merujuk ke hal-hal pokok yang disebutkan di pendahuluan dan diulang dengan bentuk sinonim, isinya memotivasi orang untuk melakukan tujuan tersebut. Di bagian penutup bisa ditambahkan kata-kata yang memotivasi, contohnya seperti membuatnya cukup mudah bukan? atau kue nikmat ini siap dinikmati.

Jadi, itulah tadi hal-hal seputar teks prosedur. Teks ini sangat bermanfaat untuk menjelaskan langkah-langkah melakukan atau membuat sesuatu. Jika sudah paham mengenai teks prosedur, mari berlatih membuat teks prosedur yang bisa diikuti oleh Sobat SMP lainnya di seluruh Indonesia. Selamat mencoba!

 

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Referensi: Modul PJJ Bahasa Indonesia Kelas VII semester genap terbitan Direktorat SMP Tahun 2020

Scroll to Top