Memahami Makna Logo Tut Wuri Handayani

Halo, Sobat SMP! Seperti yang kita ketahui, R.M. Suwardi Suryaningrat atau yang dikenal juga dengan Ki Hajar Dewantara menghasilkan banyak pemikiran dan gagasan terhadap dunia pendidikan Indonesia. Salah satu yang terkenal dari Ki Hajar Dewantara adalah semboyan Tut Wuri Handayani yang sekarang menjadi bagian dari logo Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Dalam momen Hari Pendidikan Nasional ini, kita akan mengupas makna dari logo Kemendikbudristek ini. Kira-kira seperti apa makna dan arti dari logo tersebut? Yuk kita simak artikel berikut!

Bidang Segi Lima (Biru Muda)

Bidang segi lima pada logo Kemendikbudristek menggambarkan alam kehidupan Pancasila.

Semboyan Tut Wuri Handayani

Semboyan Tut Wuri Handayani digunakan oleh Ki Hajar Dewantara dalam melaksanakan sistem pendidikannya. Pencantuman semboyan ini berarti melengkapi penghargaan dan penghormatan kita terhadap almarhum Ki Hajar Dewantara yang hari lahirnya telah dijadikan Hari Pendidikan Nasional.

Belencong Menyala Bermotif Garuda

Belencong (menyala) merupakan lampu yang khusus dipergunakan pada pertunjukan wayang kulit. Cahaya belencong membuat pertunjukan menjadi hidup. Burung Garuda (yang menjadi motif belencong) memberikan gambaran sifat dinamis, gagah perkasa, mampu dan berani mandiri mengarungi angkasa luas. Ekor dan sayap garuda digambarkan masing-masing lima, yang berarti: ‘satu kata dengan perbuatan Pancasilais’.

Buku

Baca Juga  Mengenal 5 Taman Nasional di Indonesia

Buku merupakan sumber bagi segala ilmu yang dapat bermanfaat bagi kehidupan manusia.

Warna

Warna putih pada ekor dan sayap garuda dan buku berarti suci, bersih tanpa pamrih. Warna kuning emas pada nyala api berarti keagungan dan keluhuran pengabdian. Warna biru muda pada bidang segi lima berarti pengabdian yang tak kunjung putus dengan memiliki pandangan hidup yang mendalam (pandangan  hidup Pancasila).

Nah itulah tadi arti dan makna logo Kemendikbudristek. Jadi, sekarang kalian sudah tahu kan arti dari logo yang ada pada beberapa atribut seragam sekolah kalian? Semoga informasi ini bermanfaat ya, Sobat SMP!

 

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Referensi: https://www.kemdikbud.go.id/main/informasi-publik/logo-kemdikbudristek 

Scroll to Top