KOSN 2021 Jenjang SMP: Melejitkan Talenta Prestasi Olahraga Peserta Didik Untuk Indonesia Pulih

Dilihat 17,586 pengunjung

Halo Sobat SMP! Perhelatan lomba olahraga siswa terbesar di tingkat nasional tak lama lagi akan segera dimulai. Yup, perhelatan ini adalah Kompetisi Olahraga Siswa Nasional atau yang lebih sering dikenal dengan KOSN.

KOSN merupakan sebuah kompetisi olahraga yang diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). 

Tujuan diadakannya perhelatan ini adalah memberikan wadah dan apresiasi sesuai dengan minat dan bakat peserta didik dalam bidang olahraga, terutama adalah pendidikan karakter yang tertanam dalam nilai-nilai luhur olahraga yaitu fair play.

Di masa pandemi covid-19 ini, penyelenggaraan KOSN tahun 2021 masih mengacu pada pelaksanaan KOSN tahun 2020. Penyelenggaraan KOSN 2021 secara umum dilaksanakan melalui strategi daring/online. 

Menimbang masih maraknya kasus penyebaran COVID-19 di Tanah Air, cabang olahraga yang dipertandingkan di KOSN tahun ini hanya Pencak Silat dengan nomor Jurus Tunggal dan juga Karate dengan nomor Kata Perorangan. 

Untuk cabang olahraga Pencak Silat, setiap satuan pendidikan akan mengirimkan 3 siswa dan 3 siswi untuk mengikuti KOSN, sedangkan cabang olahraga Karate satuan pendidikan mengirimkan 4 siswa dan 4 siswi. Peserta akan merekam dan mengunggah video Jurus Tunggal Pencak Silat atau Kata Karate, lalu menyerahkannya kepada panitia penyelenggara.

Tahapan seleksi KOSN 2021 untuk jenjang SMP terbagi menjadi 5 tahap. Tahap pertama adalah seleksi oleh satuan pendidikan. Sekolah akan memilih perwakilan siswa/ siswi terbaik yang akan diikutsertakan ke KOSN tingkat selanjutnya.

Untuk seleksi di tingkat kecamatan dan kabupaten/ kota, seleksi dilakukan oleh penyelenggara masing-masing tingkatan, namun berkoordinasi dengan dinas pengcab/ pengkab/ pengkot cabang olahraga. Pada tingkat kecamatan, pihak penyelenggara adalah KKGO/ MGMP PJOK, sedangkan pada tingkat kabupaten/ kota adalah dinas pendidikan.

Di tingkat provinsi, kompetisi diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, Kemendikbudristek, berkoordinasi dengan induk cabang olahraga. Sebanyak 3 siswa dan 3 siswi (cabor Pencak Silat) serta 2 siswa dan 2 siswi (cabor Karate) terbaik akan melenggang ke tingkat nasional.

Seleksi tingkat nasional tetap diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional, berkoordinasi dengan induk cabang olahraga. Hasil pelaksanaan KOSN tingkat nasional ditetapkan melalui surat keputusan Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang mana surat keputusan tersebut menerangkan tentang peserta yang mendapatkan medali emas, perak dan perunggu pada masing-masing cabang olahraga.

Berikut adalah lini masa pelaksanaan KOSN 2021:

  • Sosialisasi KOSN XIV Pendidikan Dasar Secara Daring tahun 2021 (Juni 2021)
  • Virtual Meeting dan penjelasan teknis Kemdikbud dengan daerah (Juni 2021)
  • Pendaftaran dan seleksi peserta KOSN-XIV tingkat kecamatan (Juni 2021)
  • Pendaftaran dan seleksi peserta KOSN-XIV tingkat kab/ kota (Juni 2021)
  • Pendaftaran dan unggah video peserta KOS XIV tingkat provinsi (Juli 2021)
  • Pelaksanaan KOSN XIV tingkat provinsi (Agustus 2021)
  • Unggah Video Keterampilan KOSN XIV tingkat nasional (Agustus 2021)
  • Pelaksanaan KOSN XIV tingkat nasional (September 2021)

Untuk mengetahui informasi selengkapnya tentang pelaksanaan KOSN 2021 jenjang SMP, Sobat SMP dapat mengunduhnya di bawah ini.

 

Baca Juga  Ruang Belajar Kolaboratif Untuk Pembelajaran Jarak Jauh

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Referensi: Panduan Teknis KOSN 2021 Secara Daring Bidang Pendidikan Dasar (SD/ SMP)

Scroll to Top