Kemendikbudristek Siapkan Ribuan Bahan Ajar Melalui Platform Merdeka Mengajar

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi baru saja merilis platform Merdeka Mengajar secara resmi. Melalui Platform Merdeka Mengajar, Sobat SMP yang berprofesi sebagai pendidik akan mendapatkan referensi, inspirasi, dan pemahaman untuk menerapkan Kurikulum Merdeka melalui aktivitas mengajar, belajar, dan berkarya. 

Salah satu menu yang tersedia pada platform Merdeka Mengajar adalah menu perangkat ajar. Menu perangkat ajar dalam platform Merdeka Mengajar berisi kumpulan perangkat ajar. Guru dapat menggunakan Perangkat Ajar untuk mencari referensi atau inspirasi materi pengajaran yang sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan muridnya. Hingga saat ini tersedia lebih dari 2000 referensi perangkat ajar berbasis Kurikulum Merdeka.

Melalui produk Perangkat Ajar, para guru dapat dengan mudah menemukan inspirasi materi pengajaran sesuai dengan domain dan fase mengajar. Setiap perangkat ajar juga dilengkapi dengan alur dan capaian pembelajaran yang memudahkan navigasi proses pembelajaran. Semua perangkat ajar yang tersedia di platform Merdeka Mengajar sudah sesuai dengan prinsip pembelajaran paradigma baru dari Kemendikbudristek.

Saat ini tersedia dua jenis perangkat ajar, yakni modul Ajar atau RPP+ dan buku teks yang diperuntukkan bagi guru dan murid. Dengan menggunakan modul ajar, guru memiliki kemerdekaan untuk memilih atau memodifikasi modul ajar yang disediakan Pemerintah untuk disesuaikan dengan karakteristik murid serta dapat menyusun sendiri modul ajar sesuai dengan karakter siswa. 

Materi pengajaran yang tersedia pada menu Perangkat Ajar dapat diunduh ke ruang penyimpanan dalam gawai sehingga dapat diakses tanpa menggunakan internet. Selain itu, tautan materi juga dapat dibagikan melalui Whatsapp atau kanal lainnya. Khusus untuk modul ajar/RPP+, terdapat dokumen capaian dan tujuan, detail penggunaan, serta daftar pertemuan yang dapat diunduh terpisah. Modul juga dapat disimpan ke dalam folder dengan fitur “tandai”.

Guru dapat mencari Perangkat Ajar di fitur pencarian berdasarkan mata pelajaran dan fase yang diinginkan. Selain itu, guru juga dapat melakukan pencarian yang lebih rinci melalui tombol “Filter” berdasarkan topik dan kelas. Setelah menemukan perangkat ajar yang dibutuhkan, para guru dapat mengunduhnya dalam ruang penyimpanan gawai atau smartphone. Sebelum mengunduh, pastikan tersedia ruang penyimpanan yang cukup pada gawai untuk menyimpan dokumen Perangkat Ajar.

Setelah berhasil diunduh, dokumen dapat disimpan dalam folder khusus yang dapat dibuat oleh pengguna. Untuk memudahkan penggunaan, folder dapat dibuat berdasarkan jenjang kelas yang diampu. Selain itu, Modul Ajar/RPP+ yang ada di dalam folder juga dapat diakses tanpa koneksi internet dengan mengaktifkan “Akses Offline”. Namun perlu diketahui, dengan mengaktifkan akses offline artinya semua Modul Ajar/RPP+ yang ada di dalam folder tersebut ke terunduh dan masuk ke memori aplikasi. Jadi, pastikan ruang penyimpanan yang tersedia cukup.

Materi yang tersedia dalam menu Perangkat ajar boleh dipergunakan, diperbanyak dan sebarkan, selama digunakan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar. Bila para guru mengalami kendala dalam mengakses Perangkat Ajar, silakan untuk mengakses platform Merdeka mengajar melalui laptop/komputer dengan membuka https://guru.kemdikbud.go.id pada halaman peramban (browser). Selamat mencoba, Bapak dan ibu guru!

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Baca Juga  Dukung Program Sekolah Penggerak, Direktorat SMP Gelar Kegiatan Bimtek

Referensi: 

https://sites.google.com/wartek.belajar.id/faqgurumerdekamengajar/perangkat-ajar

https://sites.google.com/wartek.belajar.id/faqgurumerdekamengajar/perangkat-ajar/mencari-dan-mengunduh-perangkat-ajar

https://sites.google.com/wartek.belajar.id/faqgurumerdekamengajar/perangkat-ajar/mengelola-folder

https://sites.google.com/wartek.belajar.id/faqgurumerdekamengajar/perangkat-ajar/faq-perangkat-ajar

Scroll to Top