Instalasi dan Pengaturan Awal Chromebook

Halo, Sobat SMP! Untuk mendukung digitalisasi pada sektor pendidikan, Direktorat Sekolah Menengah Pertama, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memberikan bantuan peralatan TIK kepada berbagai sekolah di Tanah Air. Salah satu bantuan yang diberikan adalah laptop Chromebook.

Ketika menerima bantuan tersebut, satuan pendidikan perlu melakukan instalasi dan juga mengatur menu pengaturan awal pada Chromebook tersebut. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pada instalasi dan juga pengaturan awal Chromebook. Yuk simak artikel ini untuk penjelasannya!

  • Instalasi power adaptor

Untuk instalasi power pada Chromebook tidaklah sulit. Sobat SMP hanya perlu mengambil power adaptor yang ada pada kardus Chromebook. Setelah itu, hubungkan power adaptor ke sumber listrik dan juga ke port charger untuk bisa menyalakan Chromebook.

  • Booting dan login

Setelah terhubung dengan sumber listrik, tekan tombol power pada Chromebook untuk menyalakan. Akan terlihat logo Chrome saat proses booting. Apabila pertama kali login, akan muncul halaman persetujuan dari Chrome OS. Setelah itu, akan muncul tampilan login akun.

  • Menambah dan menghapus akun

Ketika sudah berhasil booting, Sobat SMP akan menuju ke halaman login akun. Apabila belum pernah login sebelumnya, kalian harus memasukkan akun belajar.id dengan mengklik “Tambahkan Pengguna” pada bilah status di bagian bawah agar bisa masuk ke desktop. Apabila tidak memilikinya, makan dapat login sebagai tamu.

Jika sudah berhasil login, maka akun akan tersimpan di halaman login. Untuk menghapus akun tersebut, klik tanda panah di bagian kanan akun lalu pilih “hapus akun”. Setelah itu, akun tidak lagi tersimpan pada halaman login. 

  • Mempelajari pengaturan awal pada menu setelan
Baca Juga  Melindungi Diri dari Kekerasan Seksual di Sekolah

Setelah memasuki desktop, Sobat SMP dapat melakukan berbagai pengaturan awal pada menu setelan. Di menu setelan ini, Sobat SMP dapat melakukan berbagai pengaturan seperti pengaturan jaringan yang terhubung, pengaturan personalisasi, pengaturan menu aplikasi, pengaturan menu developer, pengaturan menu bahasa, hingga pengaturan menu update Chrome OS.

Nah, itulah beberapa cara instalasi dan juga pengaturan awal pada Chromebook. Diharapkan dengan informasi ini Sobat SMP dapat memahami cara mengoperasikan dan juga menggunakan bantuan Chromebook. Semoga bermanfaat ya, Sobat SMP!

 

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Referensi: Bimtek Bantuan Peralatan TIK Jenjang SMP tahun 2022

Scroll to Top