Instalasi dan Konfigurasi Bantuan Proyektor 2022

Halo, Sobat SMP! Selain Chromebook, di tahun 2022 ini Direktorat Sekolah Menengah Pertama, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi  juga memberikan bantuan peralatan TIK lain, yakni  proyektor. Proyektor ini berguna bagi satuan pendidikan jenjang SMP untuk mendukung proses pembelajaran.

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas mengenai cara instalasi dan juga konfigurasi bantuan proyektor yang diterima oleh berbagai satuan pendidikan di Indonesia. Bagaimana instalasi dan konfigurasinya? Yuk mari simak artikel ini!

Langkah pertama adalah dengan menghubungkan kabel power ke proyektor dan ke sumber listrik. Jika telah terhubung dengan sumber listrik, lampu indikator proyektor akan menyala berwarna oranye. Jangan lupa untuk membuka penutup lensa terlebih dahulu. Setelah itu, nyalakan proyektor dengan menekan tombol power. Lampu indikator akan berkedip menjadi warna hijau.

Setelah beberapa saat, lampu proyektor akan mulai menyala. Kalian dapat mengatur ketinggian proyektor dengan menarik tuas pengait pada bagian bawah proyektor. Atur ketinggian dengan cara memutar baut pada kaki proyektor. Setelah itu, atur posisi proyektor agar posisi gambar sesuai dengan layar.

Konfigurasi proyektor dapat diatur melalui pengaturan menu-menu dasar. Untuk membuka menu pengaturan, Sobat SMP dapat menggunakan remot atau dengan menekan tombol menu langsung pada proyektor. Di menu tersebut, ada berbagai pengaturan yang dapat disetel untuk disesuaikan.

Nah itulah proses instalasi dan juga konfigurasi bantuan proyektor untuk satuan pendidikan jenjang SMP tahun 2022. Manfaatkan bantuan yang diberikan dengan maksimal untuk mendukung proses pembelajaran di satuan pendidikan masing-masing, ya. Semoga informasi ini bermanfaat!

 

Baca Juga  Pemerintah Daerah Berhak Izinkan Pembelajaran Tatap Muka

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Referensi: Bimbingan Teknis Bantuan Peralatan TIK Jenjang SMP tahun 2022

Scroll to Top