Informasi Penting Pelaksanaan Sulingjar Tahun 2023

Survei Lingkungan Belajar (Sulingjar) bagi pendidik dan tenaga kependidikan sebentar lagi akan dilaksanakan. Sebelumnya, Direktorat SMP telah membahas persiapan apa saja yang perlu dilakukan oleh satuan pendidikan dalam rangka Sulingjar. Nah, kali ini kita akan merangkum informasi penting seputar pelaksanaan Sulingjar tahun 2023. Apa saja itu? Simak artikel berikut ini, ya.

1. Seperti yang telah diinformasikan sebelumnya bahwa sebelum melaksanakan Sulingjar, operator satuan pendidikan harus harus terdaftar pada laman https://sdm.data.kemdikbud.go.id/. Proses verifikasi registrasi akun SDM memakan waktu sekitar 1×24 setelah melakukan registrasi. Saat melakukan registrasi SDM. operator harus mengisi kode referral yang diperoleh melalui admin instansi Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota/Provinsi sesuai dengan kewenangan.

2. Jika mengalami kendala masuk saat hendak mengisi intrumen, pastikan responden (pendidik dan atau tenaga kependidikan) mengisi instrumen sesuai dengan jadwal pelaksanaan yang telah ditentukan. Pastikan pula Sobat SMP telah memilih “ya” saat konfirmasi partisipasi pada dasbor Sulingjar. Pengisian data diri meliputi NSPN, token, NIK, tanggal lahir, bulan lahir, dan tahun lahir juga harus sesuai dengan data yang ada pada kartu login.

3. Setelah responden selesai mengisi semua butir instrumen, pastikan responden memastikan perangkat terhubung dengan koneksi internet lalu klik tombol “selesai”. Setelah itu akan muncul konfirmasi dengan pilihan “ya” atau “tidak”. Bila menekan tombol “ya”, maka jawaban yang sudah diisikan akan dikirim ke server pusat. Namun bila menekan tombol “tidak” maka tampilan akan kembali ke halaman soal. Disarankan agar tidak berganti perangkat saat mengisi Sulingjar.

4. Satuan pendidikan perlu memantau progres pengisian instrumen dari setiap peserta melalui dasbor https://dashboardslb.kemdikbud.go.id

Baca Juga  Kemendikbudristek Resmi Luncurkan PembaTIK dan Kihajar STEM 2023

5. Persentase pengisian Sulingjar pada dasbor Sulingjar tidak dapat 100% jika masih terdapat pernyataan yang belum dijawab. Responden harus memeriksa keterisian jawaban pada seluruh instrumen Sulingjar, selanjutnya mengisi pernyataan yang belum terjawab dan mengirimkan ulang hasil pengisian Sulingjar dengan klik tombol “selesai” dan melakukan konfirmasi pengiriman jawaban dengan klik tombol “Ya”.

6. Bagi pendidik atau tenaga kependidikan yang bertugas di lebih dari satu sekolah, maka: 

  • Apabila tempat penugasannya pada 2 (dua) atau lebih jenjang pendidikan dengan satu NPSN yang sama (seperti: SLB atau PKBM), maka pengisian instrumen Sulingjar untuk soal yang bersifat generik, cukup dilakukan satu kali sedangkan untuk soal yang bersifat spesifik harus diisi secara tersendiri berdasarkan karakteristik di masing-masing jenjang pendidikan
  • Instrumen Sulingjar untuk responden dalam kondisi ini akan disesuaikan berdasarkan data flaging di Pusat Data dan Informasi Pendidikan (Pusdatin) sesuai dengan hasil verifikasi dan validasi data peserta
  • Apabila tempat penugasannya pada 2 (dua) atau lebih jenjang pendidikandengan NPSN yang berbeda, maka pendidik dan kepala satuan pendidikan tersebut harus mengisi instrumen Sulingjar sebanyak jumlah satuan pendidikan tempat yang bersangkutan bertugas

Sobat SMP, itulah beberapa informasi penting yang perlu diperhatikan oleh Sobat SMP seputar Sulingjar. Informasi lain mengenai Sulingjar khususnya jenjang Dikdasmen bisa didapatkan melalui Juknis Sulingjar Dikdasmen 2023 melalui tautan berikut.

 

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Sumber: 

Paparan Sulingjar 2023

https://drive.google.com/file/d/17KK1yijabjGrQWOIjWGJQvqOFupOVKKo/view?usp=sharing

Scroll to Top