Gebrakan SMPN 4 Langke Rembong, Kembangkan Bakat Dan Minat Siswa

Salah satu dari sekian banyak kegiatan pembelajaran di SMP Negeri 4 Langke Rembong yaitu kegiatan Ekstrakurikuler bidang pengembangan Bakat dan Minat dari Siswa/i. Kegiatan ini dilaksanakan setiap hari Jumat dan Sabtu dan telah terjadwal sesuai dengan roster kegiatan. Siswa/i memilih dan menentukan Bakat dan Minatnya masing-masing tanpa paksaan dari Guru-Guru.

Foto 1: (Minat Desain Grafis)

Bakat dan Minat tersebut disesuaikan dengan muatan materi keterampilan pada masing-masing Mata Pelajaran. Diantaranya yaitu: Lektor/lektris, Melatih/Menguasai lagu-lagu rohani, Pendalaman Kitab Suci, Berpantun, Mendongeng, Berpidato, Drama, Film Dokumenter, Desain Grafis, Mengedit Video, Bermusik, Menari, Kerajinan Tangan, Perdagangan Online, Wirausaha, Bimbingan Olimpiade SAINS dan Matematika serta masih banyak lagi yang lainnya sesuai dengan karakteristik setiap Mata Pelajaran dan disesuaikan Bakat dan Minat Siswa/i.

Seperti hari ini, Sabtu 19 Februari 2022 diadakan bimbingan Bakat Minat Siswa/i yang telah terjadwal. Kegiatan ini dimulai pukul 14.00-16.00 Wita yang bertempat di SMP Negeri 4 Langke Rembong dengan ruangan kegiatan yang sudah dibagikan masing-masing pada setiap kelompok bimbingan.

Adapun jenis kegiatan Bimbingan Minat dan Bakat hari ini, yaitu: Bimbingan membuat dan memerankan Film Sejarah (IPS), Story Telling, Speech and Free Writing (Bing), Tarian dan Musik (SBK), Desain Grafis dan Pengeditan Video (TIK), Drama (Bindo).

Salah satu Siswi atas nama Fransiska Arifin dari kelas IX E, ketika diwawancarai media ini, mengatakan bahwa sangat senang dengan pengembangan bakat dan minat ini. Mereka mampu mengembangkan bakat mereka masing-masing.

Baca Juga  Kain Sulam Arguci Budaya Tradisional Kesultanan Banjar, Dilestarikan SMP Terbuka Astambul
Foto 2: (Minat Menari)

“Saya sangat senang pa. Kami bisa mengetahui cara-cara mengedit video dan lagu serta ini menjadi modal bagi kami pada saat SMA dan kedepannya nanti terutama tentang teknologi,” katanya.

Sementara itu, salah seorang Staf Pengajar di lembaga ini, Marsianus Adiatman Pagung, S.Pd, yang membimbing siswa pada minat Desain Grafis dan pengeditan video, saat dihubungi tim media ini, menjelaskan bahwa kegiatan pengembangan bakat dan minat ini sangat penting karena para Guru dapat mengetahui kemampuan Siswa/i pada bidang bakat dan minat. Sehingga, Guru hanya membantu dan mengarahkan mereka untuk mengembangkan kemampuan mereka masing-masing.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat sekali. Guru-guru dapat mengenal lebih jauh tentang bakat dan minat dari para siswa serta memudahkan guru dalam memberikan penilaian dari aspek keterampilan siswa/i,” jelasnya.

Foto 3: (Story Telling, Speech and Free Writing)

Kegiatan ini terselenggara atas inisiasi dari kepala sekolah dan para Guru. Selanjutnya diadakan musyawarah bersama melalui rapat dewan guru dan tenaga kependidikan di SMP Negeri 4 Langke Rembong dengan harapan bahwa siswa/i di lembaga ini mampu mengembangkan bakat dan minat mereka masing-masing.

Selain itu, sebagai modal mereka kelak terutama dalam menghadapi dan bersaing pada era globalisasi sekarang ini pada dunia digitalisasi serta penguatan pendidikan karakter dari siswa/i.

Pengembangan bakat dan minat ini secara konsisten dibimbing oleh para guru di sekolah ini  pada setiap rumpun mata pelajaran dengan tetap menjalankan Protokol Pencegahan Covid-19.

 

Sumber: http://smpn4langkerembong.id/gebrakan-smpn-4-langke-rembong-kembangkan-bakat-dan-minat-siswa/

Scroll to Top