Faktor-faktor Pendorong Perdagangan Internasional

Halo, Sobat SMP! Dalam produk perdagangan sering kita jumpai produk lokal (made in Indonesia) maupun produk impor.  Seiring perkembangan teknologi kita dengan mudah dapat membeli barang-barang produk luar negeri. 

Pembelian produk dari luar negeri dapat dilakukan secara online melalui platform marketplace. Mulai dari pakaian, sepatu, makeup, hingga skincare dari luar negeri bisa dengan mudah dibeli. Hal ini dinamakan perdagangan internasional. Sebelumnya kita harus tahu apa itu perdagangan internasional. Perdagangan internasional adalah proses pertukaran barang dan jasa antara dua negara atau lebih dengan tujuan mendapatkan laba atau keuntungan. 

Perdagangan internasional dilakukan oleh negara-negara yang bekerjasama dalam bidang perekonomian, termasuk rekan bisnis antar negara. Ditandai dengan adanya perpindahan barang masuk dan keluar dari suatu negara ke negara lain. Artinya negara yang kelebihan barang akan mengirimkannya ke negara lain yang membutuhkan. Mengapa perdagangan internasional bisa terjadi? Yuk bahas faktor-faktor terjadinya perdagangan internasional!

1. Perbedaan Sumber Daya Alam yang Dimiliki oleh Setiap Negara

Sumber daya alam setiap negara berbeda sehingga menyebabkan hasil produksi yang berbeda. Indonesia menghasilkan minyak kelapa sawit, sedangkan Arab Saudi menghasilkan minyak bumi. Hal ini mendorong terjadinya ekspor dan impor antara Indonesia dan Arab Saudi. Indonesia yang kekurangan minyak bumi mengimpor dari Arab Saudi dan Arab Saudi mengekspor minyak kelapa sawit, begitu sebaliknya. 

2. Perbedaan Tingkat Kualitas Sumber Daya Manusia

Baca Juga  Sayangi Ginjalmu dengan Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Pemanfaatan sumber daya alam memerlukan sumber daya manusia yang berkualitas tinggi. Negara yang memiliki sumber daya manusia berkualitas tinggi akan menghasilkan barang dan jasa yang lebih berkualitas. 

3. Perbedaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Dalam memproduksi barang dan jasa di setiap negara sangat berpengaruh pada ilmu pengetahuan dan teknologi. Negara yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi akan mampu menghasilkan barang dan jasa yang lebih berkualitas dan efisien.

4. Perbedaan Budaya Suatu Bangsa

Perbedaan budaya bangsa mempunyai dampak yang signifikan terhadap produk yang dihasilkan. Contohnya, seni ukir dan batik Indonesia memiliki daya tarik bagi negara lain untuk membeli produk tersebut. 

5. Perbedaan harga barang, produksi, dan selera

Harga barang yang dijual setiap negara pasti mengalami perbedaan. Mulai dari proses produksi yang berbeda, serta upah pekerja dari produksi tersebut. Selain itu masyarakat tentu memiliki perbedaan selera sesuai dengan kebutuhannya masing-masing. 

Nah Sobat SMP itulah pembahasan tentang faktor-faktor yang mendorong perdagangan internasional. Perdagangan internasional terjadi karena setiap negara terkadang tidak dapat memenuhi kebutuhan barang dengan memproduksi sendiri barang tersebut. Jika Sobat SMP ingin mempelajari perdagangan internasional lebih dalam, Sobat SMP bisa mengunduh modul pada link berikut ini. Semoga artikel di atas bermanfaat, sampai jumpa di artikel menarik selanjutnya!

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Sumber:  https://ditsmp.kemdikbud.go.id/ips-kelas-ix-modul-8/

Scroll to Top