Kata Sambutan


Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Salam Sejahtera bagi Kita Semua
Sejak November 2017, Direktorat Pembinaan SMP telah merilis Aplikasi e-Rapor SMP. Dalam perkembangannya telah dilakukan beberapa kali pembaruan, hingga pada bulan November 2020, dirilis kembali Aplikasi e-Rapor SMP Versi 2.2.
Aplikasi e-Rapor SMP Versi 2.2 ini, telah mengakomodir Kebijakan Merdeka Belajar dan kondisi pandemi Covid-19, antara lain memfasilitasi sekolah yang melaksanakan pembelajaran dan penilaian berdasarkan Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD) Pelajaran pada Kurikulum 2013 secara utuh (sesuai Permendikbud RI Nomor: 37 Tahun 2018), berdasarkan KI dan KD Pelajaran pada Kurikulum 2013 untuk Kondisi Khusus (sesuai Kepmendikbud RI Nomor: 719/P/2020 dan Keputusan Kepala Balitbang dan Perbukuan Nomor: 018/H/KR/2020), dan berdasarkan penyederhanaan kurikulum secara mandiri oleh satuan pendidikan (sesuai Kepmendikbud RI Nomor: 719/P/2020).
Aplikasi e-Rapor SMP sebagai salah satu instrumen akuntabilitas penilaian oleh pendidik, diharapkan dapat membantu dan mempermudah tugas pendidik dalam merencanakan dan melaksanakan penilaian, mengolah dan menganalisis hasil penilaian, mencetak rapor, serta melaporkan hasil penilaian peserta didik kepada orang tua/wali murid, hingga disinkronisasikan ke Data Pokok Pendidikan (Dapodik).
Selamat menggunakan Aplikasi e-Rapor SMP Versi 2.2.
Terimakasih.
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
Drs. Mulyatsyah, MM
________________________________________________
Direktur Sekolah Menengah Pertama
Ditjen PAUD, Dikdas dan Dikmen
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan – RI
UNDUHAN
Versi 2.0 - Peruntukan Sistem Operasi Windows
DAFTAR PEMBAHARUAN
Versi 1.1
- [Pembaharuan] Update Database ke versi 3.72
- [Pembaharuan] Menambah port 3679 sebagai port alternatif/cadangan untuk akses jaringan dengan banyak user
- [Pembaharuan] Membuka Filter Keaktifan PTK dan Gelar Akademik untuk pengambilan data Guru
- [Pembaharuan] Membuka Filter Kelas Terbuka dan Kelas Jauh
- [Pembaharuan] Perubahan tampilan Cetak Leger
- [Pembaharuan] Menampilkan cetak rapor multikkm
- [Pembaharuan] Penambahan Fitur Hapus Pembelajaran yang salah input
- [Pembaharuan] Pembaharuan tampilan mapping dan edit KD
- [Perbaikan] Perbaikan bug cetak identitas pada halaman depan rapor
- [Perbaikan] Perbaikan bug mapel ganda pada cetak rapor KTSP akibat penambahan mapel wajib di dapodik
- [Perbaikan] Perbaikan Filter Kelas dan Mata Pelajaran
- [Perbaikan] Perbaikan Deskripsi ketercapaian Kompetensi dan mengganti Frase “perlu peningakatan” dengan “mulai meningkat”
- [Perbaikan] Perbaikan bug tampilan sikap pada halam pertama rapor
- [Perbaikan] Perbaikan Format Import KKM
Versi 1.2
- [Pembaharuan] Penambahan Fitur Status Online User
- [Pembaharuan] Update Database erapor ke versi 3.73
- [Pembaharuan] Pembaharuan dan Perbaikan Sistem Kirim nilai ke Dapodik sesuai role Dapodik Terbaru
- [Pembaharuan] Pembaharuan dan Perbaikan role pengambilan data dari dapodik, yaitu hanya mengambil data yang telah dikirim ke server pusat
- [Pembaharuan] Pembaharuan Fitur Hapus Anggota Kelas, untuk keperluan menghapus data siswa dari rombel yang salah
- [Pembaharuan] Penambahan panjang karakter keterangan ketercapaian KD dari 200 menjadi 300 karakter
- [Pembaharuan] Penambahan fitur input nilai akhir saat login semester sebelum semester aktif
- [Perbaikan] Perbaikan bug cetak leger K2013
- [Perbaikan] Perbaikan bug Tampilan konversi tanggal pada cetak pelengkap rapor
- [Perbaikan] Perbaikan bug tampilan KKM pada cetak masal rapor KKM tunggal
Versi 2.0
- [Pembaharuan] Penambahan Fitur e-Rapor untuk dapt digunakan bagi sekolah penyelenggara SKS
- [Pembaharuan] Update Database erapor ke versi 3.74
- [Pembaharuan] Penambahan fitur ganti user bagi guru yang mengampu tugas wali kelas dan guru BK
- [Pembaharuan] Penambahan fitur dashboard untuk masing-masing user
- [Pembaharuan] Penambahan fitur cek pembaharuan secara online
- [Pembaharuan] Penambahan fitur pembagian hak akses bagi sekolah penyelenggara SKS, K2013-Paket dan K2006
- [Pembaharuan] Pembaharuan thema aplikasi
- [Pembaharuan] Penambahan fitur setting margin dan ukuran kertas pada cetak rapor
- [Pembaharuan] Penambahan fitur cetak laporan tengah semester
- [Pembaharuan] Pembaharuan dan Perbaikan Sistem Backup Restore Data eRapor
- [Pembaharuan] Pembaharuan dan Perbaikan Sistem Kirim nilai ke Dapodik sesuai role Dapodik Terbaru
- [Perbaikan] Perbaikan bug filter siswa berdasarkan agama
- [Perbaikan] Perbaikan filter pengambilan data dapodik
Versi 2.1
- [Pembaharuan] Menonaktifkan Tampilan cetak rapor PTS dengan pengolahan nilai
- [Pembaharuan] Pembaharuan Referensi Kompetensi Mapel Informatika
- [Perbaikan] Perbaikan bug penomoran pada format import nilai
Versi 2.2
- [Pembaharuan] Penambahan sub menu Data Kompetensi Dasar pada menu Data Referensi Lokal (admin sitem paket)
- [Perbaikan]Perbaikan tampilan Data Kompetensi Dasar dikelompokkan berdasarkan KD dari Permen 37, Balitbang, atau Mandiri (admin sitem paket)
- [Pembaharuan] Penambahan menu Import Kompetensi Dasar (admin sitem paket)
- [Pembaharuan] Penambahan menu Download Format Import Kompetensi Dasar (admin sitem paket)
- [Pembaharuan] Penambahan menu Upload Kompetensi Dasar (admin sitem paket)
- [Pembaharuan] Penambahan menu aktif/non aktifkan Kompetensi Dasar secara bersamaan (Guru)
- [Pembaharuan] Penambahan Data Kompetensi Dasar sesuai permendikbud 37
- [Perbaikan]Perbaikan pengambilan data sekolah
- [Perbaikan]Perbaikan referensi Agama Khonghucu
- [Perbaikan]Perbaikan pengecekan nilai yang dikirim ke dapodik
- [Perbaikan]Nonaktif Tombol “Tanpa Setting Kertas” pada cetak rapor.
CATATAN PENTING
- Bagi yang sudah menggunakan e-Rapor V1.1, untuk menjalankan aplikasi tersebut silahkan update dengan cara sebagai berikut:
- Pastikan sudah melakukan instalasi e-Rapor SMP V1.0 dan sudah update ke V1.1;
- Backup pekerjaan anda sebelum update ke Versi 1.2;
- File backup di Versi 1.1 hanya dapat di restore di Versi 1.1 (database yang sama);
- Lakukan updater dari Versi 1.1 ke Versi 1.2 (jangan melakukan uninstal aplikasi e-Rapor V1.1 yang sudah terinstal sebelumnya);
- Selama proses update, tutup semua aplikasi lainnya, dan pastikan antivirus dinonaktifkan;
- Jika penginputan nilai rapor sudah dilakukan manual langsung di dapodik, jangan melakukan sinkron nilai e-Rapor ke dapodik karena akan menyebabkan data menjadi ganda di dapodik;
- Sebelum melakukan sinkron ke dapodik, pastikan tidak ada data pembelajaran yang ganda;
- Disiplin untuk membuat akun admin lebih dari satu, dan selalu melakukan backup setelah selesai melakukan pengerjaan e-Rapor;
- Penginputan nilai USBN dapat dilakukan di e-Rapor yang kemudian disinkronkan ke dapodik.
- Bagi yang akan mulai menggunakan e-Rapor V1.2
- Sangat disarankan bagi admin untuk membaca tuntas panduan e-Rapor dan panduan penilaian;
- Sebelum mulai menggunakan e-Rapor, pastikan data pada dapodik sudah final; Jangan sampai ada lagi siswa salah rombel, siswa salah data rincian, penginputan dapodik yang tidak sesuai prosedur karena dapat menyebabkan permasalahan bertingkat.
- Silakan mulai prosedur penginstalan e-Rapor mulai dari Versi 1.0, kemudian updater Versi 1.1, lalu lanjut ke updater Versi 1.2;
- Pastikan menginstal e-Rapor diperangkat yang terdapat aplikasi Dapodik;
- Selama proses instal dan update, tutup semua aplikasi lainnya, dan pastikan antivirus dinonaktifkan;
- Setelah selesai instalasi, akan muncul 2 port yang bisa diakses. Port 2679 untuk akses local host, dan port 3679 untuk akses melalui client;
- Disiplin untuk membuat akun admin lebih dari satu, dan selalu melakukan backup setelah selesai melakukan pengerjaan e-Rapor;
- Pastikan untuk tidak menginstal versi 2018, karena versi tersebut adalah versi ujicoba.
KONTAK INFORMASI
- Direktorat Sekolah Menengah Pertama, Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
-
Kompleks Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,
Gedung E Lantai 16,
Jl. Jenderal Sudirman, Senayan,
Jakarta 10270 - (021) 572 5648
- penilaian.psmp@kemdikbud.go.id