Ditjen PAUD Dikdasmen Gelar Koordinasi Teknis Persiapan Penjadwalan Ulang ANBK 2023

Demi mendorong partisipasi sekolah yang belum mengikuti ANBK pada jadwal utama, PMO PDM 6 Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah menyelenggarakan webinar “Koordinasi Teknis Persiapan Penjadwalan Ulang ANBK 2023” yang disiarkan langsung melalui kanal YouTube Direktorat SMP pada Senin (13/11). Dalam kegiatan tersebut juga disampaikan pemahaman teknis kepada satuan pendidikan yang akan mengikuti penjadwalan ulang ANBK 2023.

Dalam sambutannya, Direktur Direktorat SMP Drs. I Nyoman Rudi Kurniawan, M.T. menyebutkan bahwa webinar ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang lebih baik tentang Asesmen Nasional. “Webinar ini dirancang untuk meningkatkan persepsi positif terhadap Asesmen Nasional sehingga hasilnya dapat menjadi dasar yang kuat untuk melakukan perencanaan berbasis data,” kata Nyoman.

Lebih lanjut, Nyoman mengungkapkan harapannya agar setiap sekolah yang belum mengikuti ANBK dapat memanfaatkan kesempatan penjadwalan ulang ANBK ini secara maksimal. “Sayang sekali apabila usaha sekolah dalam melewati berbagai proses pendaftaran tidak diikuti dengan partisipasi dalam kegiatan ANBK,” ujarnya.

Kepala Pusat Asesmen Pendidikan Dra. Asrijanty, M.A., Ph.D. mengungkapkan bahwa penjadwalan ulang ANBK 2023 dilakukan agar keterlibatan satuan pendidikan dalam mengikuti ANBK semakin baik. “Tahun ini keikutsertaannya lebih bagus dari tahun lalu, tetapi kita tetap berupaya agar partisipasi sekolah-sekolah lebih maksimal sehingga rapor pendidikannya menjadi lebih lengkap dan lebih bermanfaat,” ungkap Asrijanty.

Terkait teknis penjadwalan ulang ANBK 2023, Anggota Tim Pusmendik Asesmen Nasional Suryo Atmojo menjelaskan mengenai penjadwalan ulang ANBK 2023, tahap 1 akan dilaksanakan pada 13-16 November 2023, dan tahap 2 pada 20-23 November 2023 untuk jenjang SD/MI, SMP/MTS, serta SMA/MA/SMALB/SMK/MAK sederajat. Suryo juga menambahkan, “Terdapat jadwal khusus untuk pendidikan paket A, B, dan C sederajat, di mana tahap 1 akan dilaksanakan pada 18-19 November 2023, dan tahap 2 pada 25-26 November 2023,” jelas Suryo.

Bagi Sobat SMP yang ingin menyaksikan webinarnya secara lengkap bisa mengunjungi link YouTube berikut ini.

 

Baca Juga  Pembinaan Kantin Sehat Hadirkan Sekolah Sehat

Penulis: Pengelola Website Direktorat SMP

Sumber: https://www.youtube.com/watch?v=n670M8rPaQU

Scroll to Top