Berikut 6 Keuntungan Menggunakan Rapor Pendidikan Kemendikbudristek

Kebijakan Merdeka Belajar episode ke-19, telah menemui babak baru. Wujudnya, melalui peluncuran sebuah platform Rapor Pendidikan Indonesia pada awal April 2022 oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim secara daring.

Menilik pada tujuan yang secara resmi diharapkan oleh pemerintah, adanya Rapor Pendidikan Indonesia bertujuan agar satuan pendidikan dan pemerintah daerah dapat mengidentifikasi tantangan pendidikan di satuan pendidikan dan menjadi bahan untuk refleksi. Sehingga, bisa menyusun rencana perbaikan pendidikan secara lebih tepat dan berbasis data.

Penggunaannya bersifat tidak wajib, namun pemerintah daerah dan satuan pendidikan sangat disarankan untuk menggunakan Rapor Pendidikan sebagai bahan acuan dasar dalam pelaksanaan perencanaan berbasis data. Data yang ada dalam Rapor Pendidikan sudah sangat lengkap dan dapat merepresentasikan kondisi satuan pendidikan pada saat ini, sehingga pada dasarnya tidak diperlukan lagi untuk melakukan pengumpulan data atau penggunaan data di luar Rapor Pendidikan oleh satuan pendidikan.

Lebih jelasnya, Rapor Pendidikan memiliki beberapa keuntungan yang dapat dijadikan sebagai: 

  1. Referensi utama sebagai dasar analisis, perencanaan, dan tindak lanjut peningkatan kualitas pendidikan 
  2. Satu-satunya platform untuk melihat hasil Asesmen Nasional 
  3. Sumber data yang objektif dan andal di mana laporan disajikan secara otomatis dan terintegrasi 
  4. Instrumen pengukuran untuk evaluasi sistem pendidikan secara keseluruhan baik untuk evaluasi internal maupun eksternal 
  5. Alat ukur yang berorientasi pada mutu dan pemerataan hasil belajar (output),
  6. Platform penyajian data yang terpusat, sehingga satuan pendidikan tidak perlu menggunakan beragam aplikasi sehingga diharapkan dapat meringankan beban administrasi. 

Baiknya, Rapor Pendidikan digunakan sebelum melakukan perencanaan anggaran tahunan agar dapat menjadi acuan yang sesuai standar nasional. Rapor Pendidikan dapat diakses melalui laman situs https://raporpendidikan.kemdikbud.go.id/ di peramban desktop maupun ponsel pintar. Namun, untuk mendapatkan pengalaman lebih baik, mohon untuk mengaksesnya melalui desktop.

Jika telah membaca pertanyaan, infografis, dan video tutorial, namun masih memiliki pertanyaan lebih lanjut, cobalah terhubung dengan helpdesk Rapor Pendidikan dengan mengisi formulir berikut ini.

 

Baca Juga  Pidato Mendikbud Pada Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2020

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Referensi: Buku Saku Rapor Pendidikan Indonesia untuk Satuan Pendidik

Scroll to Top