Beragam Masjid di Indonesia dengan Gaya Arsitektur Unik

Halo, Sobat SMP! Indonesia dikenal sebagai negara dengan mayoritas masyarakatnya yang menganut agama Islam. Bagi para umat muslim, Masjid menjadi bangunan yang cukup krusial karena digunakan sebagai tempat peribadatan dan sebagainya.

Namun selain menjadi tempat ibadah, masjid juga bisa menjadi destinasi wisata turis dengan kearifan lokal serta keunikannya tersendiri. Tak sedikit masjid di Tanah Air yang memiliki gaya bangunan arsitektur yang unik nan menarik. Kira-kira masjid mana saja yang memiliki keunikan pada gaya arsitekturnya? Yuk simak artikel ini!

Masjid Raya Sumatra Barat (Padang, Sumatra Barat)

Masjid Raya Sumatra Barat terletak di ibukota provinsi Sumatra Barat, yakni Padang. Masjid ini juga dikenal dengan nama Masjid Mahligai Minang. Hal yang membuat masjid ini unik adalah gaya arsitekturnya yang sangat mencirikan kearifan lokal arsitektur Sumatra Barat, yaitu Rumah Gadang.

Selain kubah masjidnya yang berbentuk layaknya Rumah Gadang, terdapat empat sudut lancip di atap masjid dengan bangunannya yang berbentuk gonjong. Ditambah lagi, ukiran Minang dan kaligrafi pada dinding bagian luar yang menyempurnakan keseluruhan arsitektur masjid.

Masjid Agung An Nur (Pekanbaru, Riau)

Masih dari pulau yang sama seperti Masjid Raya Sumatra Barat, Masjid Agung An Nur berada di kota Pekanbaru provinsi Riau. Sobat SMP akan langsung mengetahui ke mana gaya arsitektur masjid ini berkiblat. Dari gaya bangunannya, Masjid An Nur mengadopsi desain arsitektur Taj Mahal di India.

Tak hanya itu, sentuhan Melayu yang kental juga bisa dirasakan berkat pemilihan warna hijau yang mendominasi bangunan masjid dan motif kubah serupa kain hias berlapis warna emas dalam songket Melayu. Selain itu, pengunjung juga akan dibuat terkesima dengan kehadiran beranda dalam masjid, seperti yang biasanya menjadi salah satu ciri khas rumah panggung ala Melayu.

Masjid Menara Kudus (Kudus, Jawa Tengah)

Setelah dari Sumatra, kini kita beralih ke pulau dengan jumlah penduduk terpadat di Indonesia, Pulau Jawa. Di Pulau Jawa terdapat sebuah masjid ikonik dengan gaya arsitektur yang cukup unik, yaitu Masjid Kudus yang berada di kota Kudus, Jawa Tengah.

Desain dari Masjid Kudus merupakan sebuah akulturasi yang memadukan antara agama Hindu, Buddha, dan Islam. Keunikannya terletak pada desain masjid yang memiliki prasasti, gapura, menara dengan ukiran khas Jawa Kuno-Hindu, dan juga pancuran untuk wudhu yang diletakkan di arca. Wah sangat memadukan unsur-unsur ketiga agama tersebut, ya.

Masjid Muhammad Cheng Ho (Surabaya, Jawa Timur)

Baca Juga  Langkah Cerdas Mencegah Bahaya Narkoba dan Zat Adiktif Lainnya

Mendengar nama dari masjid ini tentunya Sobat SMP sudah bisa menebak ke mana arah rujukan gaya arsitekturnya. Terletak di kota Surabaya, Jawa Timur, Masjid Muhammad Cheng Ho menganut desain arsitektur bergaya kelenteng ala Tiongkok.

Pengaruh Laksamana Cheng Ho yang merupakan pelaut tangguh dari Tiongkok itu jelas melekat erat pada masjid berwarna merah itu. Masjid ini dibangun untuk mengenang perjuangan dan dakwah Laksamana Cheng Ho dan warga Tionghoa muslim pada abad ke-15 tersebut.

Masjid 99 Kubah (Makassar, Sulawesi Selatan)

Beralih ke Indonesia bagian tengah, masjid selanjutnya yang memiliki gaya arsitektur unik adalah Masjid 99 Kubah yang berada di ibukota Provinsi Sulawesi Selatan, Makassar. Masjid 99 Kubah menjadi ikon destinasi wisata religi baru di kota Makassar karena terletak dekat dengan Pantai Losari.

Sesuai dengan namanya, masjid ini memiliki kubah sebanyak 99. Angka 99 mencerminkan kepercayaan umat Islam terhadap 99 nama Allah (Asmaul Husna). Kemegahan yang dipadukan dengan pemandangan eksotis pinggir laut tentunya akan membuat pengunjung berdecak kagum.

Yap, itulah tadi beberapa masjid di Indonesia yang memiliki gaya arsitektur unik nan menarik. Masjid-masjid tadi bisa menjadi salah satu opsi destinasi wisata ketika mengunjungi kota-kota tersebut. Jadi, kira-kira masjid mana nih yang akan Sobat SMP kunjungi saat liburan? Semoga informasi ini bisa bermanfaat ya, Sobat SMP!

 

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Referensi: https://www.indonesia.travel/id/id/ide-liburan/10-masjid-bergaya-arsitektur-paling-unik-di-indonesia-aja 

Scroll to Top