Bangun Harmonisasi, Direktorat SMP Siap Jalankan Program Tahun 2022

Guna mempersiapkan diri dan menyamakan persepsi jelang pelaksanaan program tahun 2022, Direktur Sekolah Menengah Pertama, Drs. Mulyatsyah, M.M., menggelar rapat koordinasi program strategis Direktorat Sekolah Menengah Pertama pada 11 – 12 Januari 2022. Berlangsung selama dua hari, kegiatan ini digelar dalam 5 sesi sesuai jumlah bidang dan Sub Bagian di Direktorat Sekolah Menengah Pertama.

Pertemuan ini bertujuan untuk mensosialisasikan program kerja strategis Direktorat SMP tahun 2022 sekaligus menjadi forum dialog antara Direktur Sekolah Menengah Pertama dengan seluruh pegawai. Adapun program strategis yang dicanangkan mengacu pada program strategis Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi serta Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Ditjen PAUD Dikdasmen).

Dalam arahannya, Mulyatsyah menyampaikan rencana strategis Direktorat SMP sesuai dengan arahan Dirjen PAUD Dikdasmen. “Di Bidang Tata Kelola, program prioritas yang akan kita jalankan adalah program Sekolah Penggerak. Di Bidang Sarana Prasarana, kita akan berfokus pada optimalisasi sarana prasarana yang telah ada di sekolah. Yang ketiga adalah program pembinaan peserta didik terkait anti perundungan, anti kekerasan, dan toleransi. Dan selanjutnya di Bidang Penilaian, kita akan fokus pada kurikulum prototipe,” ungkap Mulyatsyah.

Terkait teknis pelaksanaan rencana strategis lembaga sesuai dengan tugas dan fungsi dari masing-masing bidang, Mulyatsyah menyampaikan untuk dapat menjalankan program dengan konsep berjenjang dengan melibatkan perwakilan pemerintah daerah di seluruh Kabupaten/Kota di Indonesia. 

“Seluruh program kita laksanakan harus menyasar pada pemerintah daerah. Salah satu strategi yang bisa diterapkan antara lain membuat kegiatan Training of Trainer yang melibatkan perwakilan dari dinas pendidikan Kabupaten/Kota, MKKS, atau MKPS. Pihak yang telah kita berikan pelatihan atau sosialisasi program harus mendesiminasikan apa yang telah didapat kepada teman-teman di satuan pendidikan di daerah masing-masing. Saya berharap program-program Direktorat SMP bisa menyasar seluruh wilayah Indonesia, tidak hanya daerah tertentu saja,” papar Mulyatsyah.

Mulyatsyah juga menekankan bahwa program di Direktorat harus berorientasi pada kebermanfaatan dan dampak bagi satuan pendidikan, dinas pendidikan, maupun UPT terkait.

“Kini saatnya kita fokus pada kualitas program agar seluruh program memberi dampak yang baik. KIta harus memastikan apa dilakukan benar-benar memberi manfaat. Dan untuk memastikan informasi yang kita sampaikan diterima dengan baik, kita dapat memaksimalkan kegiatan secara luring sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada. Semaksimal mungkin kita juga harus memastikan kebijakan pemerintah pusat diimplementasikan di tingkat daerah,” tegas Mulyatsyah.

Pada penghujung pertemuan, Mulyatsyah menyampaikan tujuan kegiatan tersebut sekaligus menyampaikan harapannya. “Tujuan saya mengumpulkan rekan-rekan semua adalah untuk menyamakan visi dan misi kita dalam sebuah teamwork yang baik, tim yang solid. Integritas dan kejujuran adalah nomor satu. Dedikasi, loyalitas, profesionalitas, kinerja, harmonisasi antar rekan kerja, dan sikap patuh pada regulasi juga menjadi patron utama sebagai PNS dalam menjalankan tugas. Kita bersandar dan harus selalu taat pada aturan,” tutup Mulyatsyah.

 

Baca Juga  Informasi Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) Jenjang SMP Tahun Ajaran 2021/2022

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Scroll to Top