Ayo Terapkan Perilaku Makan Sehat Buah dan Sayur!

Halo, Sobat SMP! Tahukah kamu, ternyata masyarakat Indonesia dalam memenuhi asupan sayur dan buah masih sangat rendah loh? Hal tersebut, berdasarkan Laporan Riset Kesehatan Dasar tahun 2018 yang menunjukkan bahwa 95.5% penduduk Indonesia mengonsumsi sayur atau buah kurang dari anjuran, yaitu sebanyak 5 porsi dalam sehari. 

Lalu, kira-kira bagaimana anjuran mengonsumsi sayur dan buah agar berdampak baik bagi tubuh? Yuk, sama-sama belajar dengan Direktorat SMP dan simak penjelasan berikut ini, ya Sobat SMP! 

Asupan sayur dan buah menjadi konsentrasi penting dalam menjaga kesehatan tubuh. Mengingat gizi yang dihasilkan keduanya merupakan sumber vitamin, mineral dan serat yang diperlukan untuk pemeliharaan berbagai fungsi tubuh.

Terlebih dalam memelihara kekebalan tubuh, kesehatan tulang dan gigi, serta sistem pencernaan. Pembiasaan konsumsi sayur dan buah perlu dilakukan sejak dini agar remaja terhindar dari berbagai macam penyakit. 

Sayur dan buah memang sama-sama dikenal sebagai sumber vitamin dan mineral, namun terdapat anjuran agar lebih banyak mengonsumsi sayur dibandingkan buah-buahan, ya Sobat SMP!

Hal ini karena buah mengandung gula alami yang jika dikonsumsi berlebihan justru dapat menyebabkan peningkatan kadar gula darah. Tentunya hal tersebut akan berdampak buruk pada keseimbangan tubuh dan dikhawatirkan menimbulkan jenis penyakit serius lainnya. 

Maka dari itu dalam sehari, kita dianjurkan untuk mengonsumsi sayur sebanyak 3-4 porsi, sedangkan buah sebanyak 2-3 porsi. Anjuran porsi sayur adalah sebanyak makanan pokok, yaitu 1/3 piring. 

Misalkan, jika dalam sekali makan mengambil nasi sebanyak 2 centong maka sebaiknya jumlah sayur yang diambil juga sebanyak 2 centong, Sobat SMP. Lalu, untuk anjuran porsi makan buah sebanyak 1/6 piring, yang sama banyaknya dengan lauk-pauk.

Nah, itulah anjuran perilaku makan sehat yang seimbang bagi tubuh. Kalau kamu akan coba menerapkan yang mana? Yuk sayangi tubuh dengan memulai kebiasaan baik setiap harinya, Sobat SMP! 

Selalu simak website dan media sosial Direktorat SMP agar mendapatkan informasi menarik lainnya, Sobat SMP. Semoga informasi tersebut bermanfaat!

 

Baca Juga  Mengupas Penerapan Kurikulum Merdeka di Satuan Pendidikan

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Sumber: Pedoman Program Gizi Jenjang Sekolah Menengah Pertama

Scroll to Top