APKRES 2021 Lahirkan Mutiara Baru dari CLC

Setelah berlangsung selama 10 hari, gelaran tahunan Apresiasi dan Kreasi Bidang Akademik, Olahraga, Seni dan Keterampilan  (APKRES) CLC Jenjang Sekolah Menengah Pertama (SMP) Tahun 2021 yang diselenggarakan Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (SIKK) telah mencapai puncaknya pada Selasa (31/8) lalu. Acara penutupan APKRES 2021 berlangsung secara virtual melalui platform video konferensi dan disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube milik Sekolah Indonesia Kota Kinabalu. 

Meski berlangsung di tengah pandemi COVID-19, tidak mengurangi kemeriahan acara dan tidak menyurutkan antusiasme para peserta didik CLC SMP se-Sabah untuk berkompetisi dan berprestasi di APKRES 2021. Hal ini terbukti dari banyaknya jumlah peserta yang berpartisipasi yaitu sebanyak 810 peserta dan guru pembimbing dari 45 CLC SMP se-Sabah dan Sarawak. Para peserta berkompetisi dalam 14 mata perlombaan. 

Mengawali acara penutupan, ditayangkan video jingle penutupan APKRES 2021 dan video behind the scene peserta APKRES tahun 2021 yang dilanjutkan dengan laporan kegiatan oleh Kepala SIKK dan penyampaian kata sambutan.

Dalam laporannya, Kepala SIKK sekaligus Ketua Panitia APKRES Dadang Hermawan, M.Ed menyampaikan bahwa tujuan penyelenggaraan APKRES adalah untuk mengapresiasi guru-guru yang telah memberi kontribusi luar biasa dalam menyelenggarakan pendidikan sekaligus menggali potensi mutiara bangsa yang tersimpan di CLC. 

“Seluruh peserta adalah juara karena di tengah keterbatasan apalagi dalam kondisi pandemi anak-anak tetap bisa berkreasi dan berprestasi. Melihat hasil karya yang luar biasa di tengah keterbatasan, anak-anak kita masih semangat untuk berkarya, tentunya karena guru yang luar biasa,” ujar Dadang. 

Menutup laporan kegiatan, Kepala SIKK juga mengapresiasi Direktorat SMP yang terus memfasilitasi pendanaan kegiatan ini. Ungkapan terima kasih juga ditujukan kepada Atdikbudristek KBRI Kuala Lumpur, tiga Perwakilan Republik Indonesia di Sabah dan Sarawak, JPNS dan pihak ladang, tim teknis dan pendukung dari kepanitiaan APKRES 2021 serta tamu undangan dari 12 SILN yang hadir menyaksikan acara pembukaan dan penutupan atau penganugerahan pemenang APKRES.

Atdikbudristek KBRI Kuala Lumpur M. Farid Ma’ruf, Ph.D mengapresiasi dan memotivasi seluruh pihak dan peserta APKRES secara virtual  terutama guru-guru pembimbing yang telah mendampingi anak-anak berproses. 

“Selamat buat anak-anak kita yang menjadi juara, anak-anak adalah anak yang hebat dan ini merupakan awal langkah yang baik, untuk yang belum menjadi juara juga selamat karena telah menunjukkan kreativitas yang akan menjadi bekal di masa depan. Karena masa depan akan dimiliki oleh orang-orang yang memiliki kreativitas dan anak-anak telah menunjukkannya di APKRES ini,” ujar Farid.

Menutup kegiatan APKRES 2021 secara resmi Direktur Sekolah Menengah Pertama, Drs. Mulyatsyah, M.M., dalam sambutannya menyampaikan apresiasi kepada seluruh penyelenggara kegiatan yang menunjukkan bentuk gotong royong dan kerja sama yang luar biasa. Direktur SMP juga memberi ucapan selamat bagi para pemenang dan berpesan untuk tetap berjuang dalam meraih cita-cita.

“Tak terbayangkan anak kita pada program community learning center ini punya bakat yang luar biasa. Bakat ini harus kita asah agar anak-anak dapat melanjutkan pendidikan, berprestasi, meningkatkan pengetahuan lebih luas dan menjadi generasi yang meneruskan tonggak perjuangan sejarah bangsa. Dalam APKRES ini banyak catatan salah satunya harapan di tahun yang akan datang, anak-anak pada program CLC ini dapat berkompetisi dalam lomba tingkat nasional dalam kategori khusus afirmasi,” tutur Direktur SMP.

Dalam acara penutupan ini panitia mengumumkan CLC SMP Kota Kinabalu sebagai juara umum dengan perolehan 6 emas, 4 perak dan 1 perunggu. Juara Umum Kedua diraih oleh dua CLC dengan perolehan jumlah medali yang sama yaitu CLC Sungai Balung dan CLC Permodalan dengan masing-masing 2 emas dan 1 perunggu disusul oleh CLC Keningau di tempat Ketiga dengan perolehan 1 emas, 1 perak, dan 1 perunggu.

Penutupan APKRES 2021 juga dihadiri oleh Konsul Jenderal KJRI Kota Kinabalu, Pelaksana Fungsi Pensosbud KJRI Kuching dan KRI Tawau, Home Staf dan Local Staf KJRI Kota Kinabalu, Perwakilan Direktorat SMP Kemendikbudristek, ILO TNI Kota Kinabalu, ILO Polri Tawau, Ketua DWP KJRI kota Kinabalu, Kepala SILN, Koordinator Penghubung CLC Sabah dan Sarawak, Komite SIKK, Guru dan staf SIKK, para dewan juri/ tim pembahas, Kepala Sekolah Mitra Beasiswa ADEM di 11 provinsi di Indonesia, Guru Purna SIKK para siswa dan pendidik CLC SMP se-Sabah Sarawak kontingen APKRES dan tamu undangan lainnya.

 

Baca Juga  Mengenal Matahari dalam Tata Surya

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Referensi: Press release kegiatan penutupan APKRES 2021 dari Sekolah Indonesia Kota Kinabalu

Scroll to Top