Advokasi Implementasi GSS Bagi Satuan Pendidikan Binaan Jenjang SMP Tahun 2024 Regional 2

Direktorat SMP menggelar kegiatan Advokasi Implementasi GSS Bagi Satuan Pendidikan Binaan Jenjang SMP Tahun 2024 Regional 2 pada tanggal 6 – 8 Mei 2024 secara Luring di Hotel Movenpick Surabaya. Kegiatan ini diikuti oleh Kepala Sekolah Binaan Tahun 2024 yang berasal dari 12 Provinsi yaitu D.I Yogyakarta, Jawa Tengah, Jawa Timur, Kalimantan Timur, Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Bali, Banten, Jambi dan Nusa Tenggara Barat.

Dalam upaya meningkatkan kesehatan peserta didik, KemendikbudRistek menetapkan kebijakan peningkatan status kesehatan sekolah dan revitalisasi UKS melalui Gerakan Sekolah Sehat (GSS). GSS bertujuan mendorong semua satuan pendidikan untuk melaksanakan peningkatan kesehatan secara terus menerus dan berkelanjutan dengan berfokus pada 5 sehat yaitu

  1. Sehat bergizi
  2. Sehat Fisik
  3. Sehat Imunisasi
  4. Sehat Jiwa
  5. Sehat Lingkungan

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya membangun sinergi dan kolaborasi dari berbagai pihak serta untuk mempercepat implementasi GSS di seluruh satuan pendidikan. Salah satu strateginya adalah melalui pengembangan dan pengimbasan berbagai praktik baik implementasi GSS yang dilakukan satuan pendidikan binaan kepada satuan-satuan pendidikan di sekitarnya. Hal tersebut dijelaskan oleh PIC PDM 11 Ibu Nia Nurhasanah.

Baca Juga  5 Prinsip dalam Penerapan Manajemen Berbasis Sekolah

Materi yang disampaikan terdiri dari Strategi Implementasi GSS di Satuan Pendidikan oleh Tim PDM 11 Gerakan Sekolah Sehat, Strategi Komunikasi dan Advokasi GSS oleh Tim Staf Khusus Menteri (SKM), Pemetaan Kebugaran Peserta Didik melalui Asesmen Kebugaran oleh Pusat Asesmen Pendidikan (Pusmendik), Peran Puskesmas dalam Revitalisasi UKS melalui GSS oleh Kementerian Kesehatan (Kemenkes), Integrasi GSS dalam Pembelajaran Intrakurikuler, Kokurikuler, dan Ekstrakurikuler oleh Pusat Kurikulum (Puskur), Integrasi GSS dalam Buku Pendidikan oleh Pusat Perbukuan (Pusbuk), dan Praktik Baik Implementasi GSS di Satpen Binaan tahun 2023 oleh Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Kraksaan.

Melalui kegiatan advokasi yang telah dilakukan, diharapkan Gerakan Sekolah Sehat menjadi komitmen bersama para stakeholder untuk membiasakan 5S di satuan pendidikan masing-masing guna mencapai masa depan Indonesia Emas 2045.

 

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Scroll to Top