5 Langkah Mudah Mendaftar Lomba “Rayakan Merdekamu”

Halo Sobat SMP! Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menyelenggarakan lomba Rayakan Merdekamu dalam rangka menyambut HUT RI yang ke-76. Perlombaan ini mengusung tema “Keberagaman Bangsa Adalah Kekuatan Indonesia”.

Bagi Sobat SMP yang mau ikut berpartisipasi dalam acara spesial ini, bisa langsung melakukan pendaftaran dan mengunggah karya yang ingin diperlombakan di Rayakan Merdekamu. Caranya:

1. Kunjungi situs resmi Rayakan Merdekamu

Di halaman ini, terdapat informasi seputar alur pendaftaran, syarat dan ketentuan, serta informasi seputar kategori perlombaan. Sobat SMP bisa mengklik tautan berikut untuk langsung menuju halaman utama.

https://rayakanmerdekamu.kemdikbud.go.id/

2. Klik “Informasi Selengkapnya” pada kategori lomba yang akan diikuti

Di halaman utama, terdapat juga beberapa kategori perlombaan yang bisa diikuti. Carilah kategori perlombaan yang sesuai dengan kriteria yang ingin diikuti. Untuk Sobat SMP bisa memilih Lomba Video Karya Kreatif Kebinekaan. Lomba kategori ini mengharuskan peserta mengenakan busana adat atau busana dengan nuansa tradisional sambil merekam video karya kreatif bertema kebhinekaan. Setelah itu, klik tombol “informasi selengkapnya”.

3. Unduh pedoman perlombaan

Setelah memilih kategori perlombaan yang akan diikuti, unduhlah pedoman perlombaan untuk mengetahui detail panduan seputar perlombaan, syarat umum, syarat khusus, kriteria penilaian, dan sebagainya.

4. Klik “Daftar Sekarang” dan melakukan pengisian data

Baca Juga  Penggunaan Dana BOS Reguler di Masa Pandemi

Usai membaca pedoman dan panduan teknis perlombaan, kini saatnya melakukan pendaftaran. Klik tombol “Daftar Sekarang” yang terdapat di halaman kategori masing-masing perlombaan. Nanti Sobat SMp akan diarahkan ke halaman pengisian data. Isilah data diri yang sesuai. Selain data diri, juga akan diminta mengunggah tautan hasil karya yang sudah diunggah ke YouTube dan Instagram. Setelah selesai, klik submit untuk mengirim data.

5. Menunggu hasil

Proses pendaftaran telah selesai. Panitia akan mengkurasi hasil karya dari para peserta hingga mencapai 10 besar. Peserta yang lolos ke tahap 10 besar mengunggah video asli hasil karya serta surat pernyataan orisinalitas melalui tautan yang akan diinformasikan selanjutnya. Setelah itu peserta menunggu hasil penjurian untuk penentuan 2 peringkat teratas yang akan dilibatkan pada acara puncak.

Jadi, itulah tadi beberapa langkah untuk mendaftar lomba Rayakan Merdekamu. Tunjukkan karya terbaikmu dan raih juara. Ada hadiah menarik yang menunggu loh. Langsung daftar sekarang!

 

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Scroll to Top