Yuk, Mengenal Batik Estari dari Wonosari

Dilihat 4,649 pengunjung

Batik merupakan salah satu budaya asli Indonesia yang sangat kaya. Bagaimana tidak, berbagai wilayah dari barat hingga timur Indonesia nyatanya memiliki batik khas masing-masing. Bila sebelumnya kalian telah mengenal batik yang cukup populer dari Solo atau Pekalongan, maka kini saatnya berkenalan dengan batik Estari dari Wonosari. 

Batik Estari sendiri diproduksi oleh SMP Terbuka Wonosari yang berlokasi di Kecamatan Wonosari, Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur dalam kegiatan Program Pendidikan Keterampilan (PPK). Batik Estari banyak menggunakan motif daun tembakau, daun singkong, dan biji kopi, menggambarkan mayoritas mata pencaharian masyarakat Bondowoso secara simbolik di atas medium kain. Ketiga motif utama ini kemudian dikreasikan sedemikian rupa dengan berbagai teknik membatik. 

Jenis keterampilan yang dilaksanakan di SMP Terbuka Wonosari adalah kriya tekstil batik cap, batik tulis, dan batik abstrak. Perbedaan teknik serta tingkat kesulitan ketiganya, kemudian menjadi dasar pembagian tingkat keterampilan yakni tingkat dasar, terampil, sampai dengan mahir. Produk yang berhasil diciptakan oleh para peserta didik antara lain mukena, taplak, dan bahan untuk pakaian. 

Dibimbing oleh 12 Guru Bina, 6 Guru Pamong, serta tenaga ahli, para peserta didik aktif mengikuti kegiatan PPK yang berlangsung sebanyak dua kali dalam seminggu di SMP Induk yaitu SMPN 1 Wonosari. Kriya tekstil batik sendiri dipilih sebagai kegiatan PPK SMP Terbuka Wonosari karena dipandang cukup prospektif sehingga nantinya dapat membantu perekonomian keluarga peserta didik.

 

Baca Juga  SMPN 1 Tenjo Raih Adiwiyata Tingkat Provinsi Tahun 2020

Hingga saat ini, Batik Estari sudah dipasarkan ke beberapa institusi pendidikan di kawasan Bondowoso. Selain itu, sosial media juga dimanfaatkan sebagai media promosi secara daring untuk memperluas pemasaran. Pihak SMP Terbuka Bondowoso juga telah bermitra dengan Magenda Home Industri Bondowoso baik dalam hal sumber daya manusia, pemasaran, dan permodalan. 

SMP Terbuka Wonosari juga melakukan kegiatan evaluasi secara berkala, sehingga diharapkan terjadi peningkatan kualitas dari produk batik yang telah dihasilkan. Pemasaran yang lebih optimal juga menjadi salah satu rencana yang dicanangkan oleh pihak SMP Terbuka Wonosari. Semakin luas pemasaran batik Estari, maka akan semakin banyak orang yang mengenal batik khas Kabupaten Bonodowoso ini, dan potensi ekonomi yang muncul juga akan semakin besar. 

Seluruh kegiatan peserta didik dalam program PPK, proses lengkap pembuatan dan pembelajaran, sekaligus kisah inspiratif dari peserta didik SMP Terbuka Wonosari dapat kalian baca secara lengkap dengan mengunduh modul “Estari Batik Menembus Ibukota” di bawah ini.

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Scroll to Top