Tunjang Proses Pembelajaran, Direktorat SMP Berikan Bantuan Peralatan TIK

Dilihat 5,987 pengunjung

Guna memaksimalkan proses pembelajaran di sekolah, beberapa waktu lalu Direktorat Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia memberikan bantuan beberapa peralatan TIK ke berbagai sekolah di Indonesia. Simak artikel berikut untuk mengetahui detail selengkapnya mengenai bantuan peralatan TIK Direktorat SMP.

Chromebook

Peralatan TIK yang pertama ialah Chromebook, sebuah laptop yang menjalankan sistem operasi Chrome OS yang berbasis Linux. Chromebook ini dapat digunakan secara daring (online) maupun luring (offline). Namun, untuk pengoperasian secara offline pengguna harus memiliki akun yang telah terdaftar di perangkat dan sudah terhubung dengan akun Google.

Laptop ini utamanya digunakan mengerjakan berbagai pekerjaan secara daring online dengan memakai peramban (browser) Google Chrome. Hampir semua aplikasi dan data terletak di penyimpanan cloud, bukan di memori internal laptop. Meski demikian, terdapat juga beberapa aplikasi berbasis web yang dapat dijalankan secara offline.

Chromebook ini memang diperuntukan untuk guru dan juga para siswa sekolah. Oleh karena itu, perangkat ini memiliki berbagai fungsi yang bisa menunjang proses pembelajaran. Beberapa perangkat lunak (software) di dalamnya dapat digunakan untuk pembuatan konten pembelajaran seperti Magisto Video Editor, Soundstrap for Education, Tinkercard, EquatIO, dan Seesaw. Selain itu, G Suite yang berisi Google Docs, Google Sheets, Google Slides, dan Google Drive juga turut mendukung kemudahan dalam proses belajar. 

Wireless router

Selain Chromebook, Direktorat SMP Kemendikbud RI juga memberikan wireless router untuk mempermudah jalannya arus data antar perangkat yang ada. Bagi kalian yang belum mengenal apa itu router, router adalah suatu perangkat jaringan yang meneruskan paket data antar jaringan komputer. Alat ini menjalankan fungsi-fungsi pengarahan lalu lintas data pada Internet.

Dalam jaringan, ada yang disebut dengan Wireless Access Point (WAP). WAP atau titik akses nirkabel adalah suatu piranti yang memungkinkan piranti-piranti nirkabel untuk terhubung ke dalam jaringan dengan menggunakan Wi-Fi, Bluetooth, atau standar lain.

Nah, berbeda dengan router biasa yang menggunakan kabel, wireless router merupakan piranti yang menjalankan fungsi-fungsi router dan fungsi-fungsi WAP. Ia digunakan untuk menyediakan akses ke Internet atau ke jaringan komputer personal. Tergantung pada pabriknya dan modelnya, ia dapat berfungsi dalam jaringan lokal komputer (Local Area Network, LAN) berkabel, jaringan lokal komputer nirkabel, atau campuran keduanya.

Proyektor

Baca Juga  5 Museum yang Bisa Dikunjungi Secara Virtual dari Rumah

Bantuan peralatan TIK yang terakhir adalah proyektor. Seperti yang sudah diketahui, alat ini berguna untuk memproyeksikan berkas-berkas cahaya yang berbentuk gambar, video, dan sebagainya dari perangkat keras.

Proyektor umumnya digunakan sebagai alternatif dari monitor atau televisi ketika mempertunjukkan video atau citra ke suatu kelompok besar orang. Tentunya ini sangat bermanfaat bagi guru dan siswa untuk melakukan presentasi serta mendukung proses pembelajaran.

Dengan diberikannya ketiga bantuan peralatan TIK tersebut, diharapkan dapat menunjang kegiatan belajar-mengajar guru dan siswa. Kalian bisa membaca modul bantuan peralatan TIK  dan cara merawat peralatan TIK di situs resmi Direktorat SMP Kemendikbud RI.

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Scroll to Top