Tips Menyampaikan Presentasi Daring Agar Lebih Menarik

Dilihat 1,630 pengunjung

Mempresentasikan hasil tugas individu maupun tugas kelompok, tentu saja menjadi salah satu bagian dari kegiatan belajar mengajar yang dilakukan di sekolah. Kendati saat ini kegiatan belajar dilakukan secara virtual di rumah, Bapak atau Ibu guru kerap kali meminta siswa untuk mempresentasikan tugas atau karya namun secara daring. Apakah Sobat SMP juga mengalaminya? 

Menyampaikan presentasi secara daring pada dasarnya tidak jauh berbeda dengan presentasi secara tatap muka langsung. Namun, karena menggunakan media lain seperti piranti elektronik dan internet, maka ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika menyampaikan presentasi daring agar lancar dan menarik. Bagi Sobat SMP yang kesulitan mempresentasikan sesuatu secara daring, yuk simak langkah-langkah berikut: 

1. Format Materi yang Tepat 

Pastikan format materi atau dokumen yang akan dipresentasikan dalam bentuk tayangan yang menarik. Buat dokumen presentasi dalam format power point yang singkat, padat, dan jelas. Hindari paparan teks panjang dan bertele-tele, cukup gunakan poin-poin penting. Tambahkan pula gambar, foto, video, tabel, atau grafik agar materi presentasi lebih mencuri perhatian.

2. Lakukan Setelan Teknis 

Hal paling krusial ketika hendak presentasi daring ialah melakukan set-up pada piranti pendukung seperti laptop. Pastikan koneksi internet yang digunakan cukup stabil, agar apa yang disampaikan tidak terputus. Selain itu, jangan lupa menyalakan kamera video pada laptop atau komputer agar audiens dapat melihat wajah pembicara. 

3. Bangun Suasana Kondusif 

Baca Juga  Kiat Sukses Menjadi Seorang Wirausahawan

Dikarenakan tidak bertatap muka secara langsung, maka Sobat SMP perlu mencoba membangun suasana kondusif secara daring. Sobat SMP dapat memulai presentasi dengan memberi salam dan menyapa audiens. Setelah itu, mintalah izin untuk menampilkan slide presentasi. 

4. Gaya Komunikasi

Sobat SMP dapat menggunakan bahasa yang baik, benar, singkat, dan jelas untuk mempresentasikan tugas atau karya. Atur intonasi agar penyampaian materi tidak terkesan datar sehingga membosankan. Atur  artikulasi atau pengucapan sobat SMP dengan jelas agar audiens dapat mendengar serta menangkap materi yang disampaikan. Seusai menyampaikan materi, ucapkan terima kasih lalu persilakan audiens untuk bertanya. 

5. Penutup 

Bila banyak audiens yang melontarkan pertanyaan, hal ini secara tidak langsung dapat diartikan bahwa materi yang disampaikan cukup menarik. Sebab itu, jangan kecewakan audiens yang memberi perhatian melalui pertanyaan, ya. Catat dengan cermat pertanyaan, lalu berikan jawaban yang singkat, padat, jelas, dan sesuai pertanyaan. Bila Sobat SMP mempresentasikan materi berkelompok, jangan lupa beri kesempatan kepada anggota lain untuk menjawab. Tutup presentasi dengan salam dan ucapan terima kasih.

Referensi: 

Infografis Direktorat SMP “Mempresentasikan Karya Secara Daring”

http://ditsmp.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2020/12/Mempresentasikan-Karya-Secara-Daring-1024×724.jpg

 

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Scroll to Top