Tips Lengkap Merawat Peralatan TIK Sekolah

Dilihat 5,296 pengunjung

Pada tahun 2020 ini, Direktorat Sekolah Menengah Pertama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Direktorat SMP) memberikan bantuan peralatan TIK berupa Chromebook, wireless router, dan juga proyektor ke berbagai sekolah di daerah. Pemberian bantuan ini dilakukan guna mempermudah proses pembelajaran jarak jauh.

Peralatan TIK yang telah diterima oleh pihak sekolah tentu harus dirawat dengan baik agar penggunaannya dapat dimaksimalkan oleh guru dan juga siswa untuk jangka panjang. Oleh karena itu, Direktorat SMP menyediakan modul Perawatan dan Troubleshooting Peralatan Bantuan TIK 2020 sebagai panduan dalam merawat dan mengatasi permasalahan peralatan TIK.

Modul ini terdiri atas empat bab utama, yaitu Perawatan dan Troubleshooting Chromebook, Perawatan dan Troubleshooting Wireless Router, Perawatan dan Troubleshooting Proyektor, serta Panduan Klaim Garansi Peralatan TIK.

Pada bab Perawatan dan Troubleshooting Chromebook, terdapat penjelasan cara merawat Chromebook mulai dari hardware (perangkat keras) hingga software (perangkat lunak) di dalamnya. Selain itu, ada juga langkah tindakan untuk mengatasi berbagai permasalahan yang terjadi pada hardware dan juga software Chromebook.

Beralih ke bab peralatan lain, wireless router, terkandung petunjuk untuk melakukan perawatan pada wireless router seperti pemeriksaan rutin kabel jaringan, pengecekan koneksi, hingga penggantian nama pengguna dan kata sandi (SSID wireless router).

Serupa dengan kedua bab sebelumnya, bab Perawatan dan Troubleshooting Proyektor juga berfokus pada perawatan fisik proyektor. Terdapat pula penyelesaian masalah pengoperasian proyektor. Sedangkan pada bab terakhir, dijelaskan panduan  melakukan klaim garansi peralatan TIK.

Modul ini memuat panduan secara lengkap disertai langkah-langkah pelaksanaan yang singkat dan jelas, sehingga diharapkan dengan mudah bisa diaplikasikan oleh para pengajar atau staf lain. 

Untuk mengetahui petunjuk selengkapnya mengenai perawatan dan penanganan masalah yang terjadi pada bantuan peralatan TIK Direktorat SMP, kalian dapat mengunduh modul Perawatan dan Troubleshooting Peralatan Bantuan TIK 2020 di bawah ini.

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Scroll to Top