Tips Berpidato di Depan Umum Tanpa Grogi

Dilihat 3,744 pengunjung

Berbicara di depan banyak orang memang bukanlah hal yang mudah, terlebih jika melakukannya untuk pertama kali. Sering kali ada banyak ketakutan-ketakutan yang terlintas di kepala yang bahkan sebenarnya belum terjadi. Tanpa disadari ketakutan itulah yang justru membuat kita melakukan kesalahan-kesalahan ketika berpidato. 

Untuk itu, sebelum memulai berpidato sobat SMP harus mengetahui bagaimana cara berpidato yang baik agar memikat audiens. Direktorat SMP kali ini akan memberikan tips bagaimana cara agar berpidato dengan lancar tanpa grogi. Penasaran, kan? Yuk, simak poin-poin di bawah ini: 

1. Siapkan naskah 

Mempersiapkan naskah pidato merupakan hal pertama yang harus dilakukan. Dengan mempersiapkan naskah pidato, materi yang akan disampaikan akan menjadi lebih fokus, tidak bertele-tele, dan bisa mencakup seluruh aspek penting. Kalimat dan diksi yang akan digunakan juga dapat dipilih secara cermat, sehingga sesuai dengan audiens, momen, dan terlihat lebih profesional. 

2. Berlatih sebelum tampil

Setelah menyiapkan naskah, sobat SMP wajib berlatih tampil di rumah. Mulailah berbicara di depan cermin untuk melihat bagaimana penampilan sendiri ketika bicara. Setelah merasa yakin, mintalah kedua orang tua untuk menilai penampilan. Masukan dari orang lain sangat berharga untuk menyempurnakan penampilan nantinya. 

3. Memilih pakaian yang tepat 

Pastikan sobat SMP menggunakan pakaian yang bersih, rapi, nyaman, dan sesuai dengan kebutuhan acara. Pakaian yang tepat bisa membuat lebih percaya diri tampil di depan orang banyak. 

4. Datang lebih awal 

Baca Juga  Peringati Hari Air Sedunia, Direktorat SMP Gelar Webinar Bertajuk Sanitasi Sekolah

Usahakan agar datang lebih awal dari sebelum acara dimulai. Hal ini dimaksudkan agar dapat menguasai panggung dan memahami audiens. Lakukan pula pengecekan terhadap pengeras suara. Hadir lebih awal membuat tidak terburu-buru, sehingga bisa fokus untuk tampil.

5. Lakukan dengan percaya diri 

Ingatlah bahwa sobat SMP sudah berlatih dengan baik di rumah. Tak ada yang perlu dikhawatirkan. Sapukan pandangan ke seluruh audiens dengan tatapan penuh keyakinan. Coba membangun interaksi ke audiens melalui sapaan ataupun melempar pertanyaan. Dengan begitu, diharapkan sobat SMP akan menguasai panggung dengan baik. 

6. Perbaiki kesalahan 

Jika membuat kesalahan saat berbicara, tidak usah khawatir. Cukup perbaiki ulangi bagian yang salah dengan santai. Yakinlah, bahwa sebagian besar audiens tidak menyadari kesalahan itu. Atur nafas agar tidak mengulangi kesalahan dan mengurangi kepanikan setelah melakukan salah ucap. 

Dengan menerapkan langkah-langkah di atas, sobat SMP akan mampu berpidato dengan baik tanpa grogi di depan orang banyak. Semakin sering melakukannya, maka akan teknik berpidato  juga akan semakin baik. Jadi tak perlu takut berpidato di depan umum lagi, ya.

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Referensi: Panduan Mahir Berkomunikasi Direktorat SMP

Scroll to Top