Tips Berkegiatan Kepramukaan di Masa Pandemi

Dilihat 6,802 pengunjung

Kegiatan kepramukaan biasanya identik dengan kegiatan yang dekat dengan alam maupun masyarakat. Hal ini sejalan dengan prinsip dasar kepramukaan yakni peduli terhadap bangsa, sesama makhluk hidup, dan lingkungan. Namun di tengah situasi pandemi COVID-19 seperti saat ini, kegiataan kepramukaan tatap muka menjadi suit diselenggarakan.

Sebagai ekstrakurikuler wajib sekolah, kegiatan kepramukaan kini tetap dilaksanakan dengan memanfaatkan berbagai media alternatif di tengah pandemi COVID-19. Untuk mengurangi risiko penyebaran virus COVID-19, kegiatan kepramukaan dengan urgensi tinggi saja yang dapat dilakukan secara offline

Meski demikian, kegiatan kepramukaan yang digelar secara langsung harus menerapkan protokol kesehatan yang berlaku. Setiap peserta kegiatan diharapkan dapat mawas diri dan tetap berhati-hati di lokasi kegiatan. Beberapa tips di bawah ini akan membantu kalian yang hendak mengikuti kegiatan kepramukaan secara offline:

1. Informasikan Kegiatan

Sebelum mengikuti kegiatan kepramukaan, kalian dapat memberitahukan terlebih dahulu agenda kegiatan tersebut kepada orang tua. Semakin detail informasi yang kalian berikan, maka akan semakin baik. Kalian bahkan bisa memberikan nomor kontak pembina dapat dihubungi bila sewaktu-waktu dibutuhkan.

2. Menjaga Jarak

Kalian wajib menjaga jarak sejauh dua meter dari siapapun. Hindari berkerumun sehingga tidak terjadi kontak langsung dengan orang lain yang mungkin saja berpotensi terjangkit virus COVID-19.

Baca Juga  Direktorat SMP Dukung Pembelajaran Tatap Muka yang Aman Lewat Program UKS

3. Bersihkan Diri

Selepas melakukan kegiatan kepramukaan di luar ruangan, jangan lupa untuk membersihkan diri dengan mandi serta mengganti pakaian. Hal ini dapat membantu membersihkan diri dari virus COVID-19 yang mungkin menempel di permukaan kulit maupun pakaian kalian. Pisahkan pakaian yang sudah dipakai dan usahakan untuk segera mencucinya.

4. Gunakan Pelindung

Menggunakan masker, face shield, serta hand sanitizer wajib dilakukan selama kalian berada di luar rumah. Gunakan masker 3 lapis atau masker berbahan kain katun untuk menutupi area hidung dan mulut. Penggunaan face shield juga penting untuk menghindari cairan ludah dari orang lain selama kalian berkegiatan pramuka.

5. Gunakan Peralatan Pribadi

Hindari menggunakan barang secara bergantian dengan orang lain, baik pembina, guru, maupun teman. Usahakan untuk membawa peralatan pribadi seperti alat makan, tempat minum, handuk kecil, sedotan, masker cadangan, sampai dengan peralatan sholat. Kalian juga sebaliknya tidak meminjamkan peralatan pribadi kalian kepada orang lain, ya.

Dengan menjalankan langkah-langkah di atas, kalian bisa menjalankan kegiatan kepramukaan di luar ruangan dengan nyaman dan aman secara tatap muka. Meski begitu, sebaiknya kegiatan kepramukaan tetap diikuti dan dilaksanakan secara daring sesuai dengan anjuran pemerintah, ya.

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Scroll to Top