Tim SPI Direktorat SMP Lakukan Sejumlah Persiapan Program Kerja

Dilihat 740 pengunjung

Sebagai wujud komitmen penguatan tata kelola dan akuntabilitas dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi institusi, Direktorat SMP menggelar kegiatan Pembekalan dan Penyusunan Dokumen Pelaksanaan Pengawasan Internal pada Rabu – Jumat (24-26 Maret 2021). 

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pembekalan dan menyusun sejumlah dokumen yang nantinya akan digunakan dalam pelaksanaan pengawasan internal oleh Satuan Pengawas Intern (SPI) Direktorat SMP di tahun ini. Berlangsung selama 2 (dua) hari, kegiatan ini dibagi menjadi dua agenda utama yakni agenda pembekalan dan agenda penyusunan dokumen pelaksanaan melalui rapat pleno. 

Acara di hari pertama dibuka dengan sambutan sekaligus arahan dari Direktur SMP, Drs.Mulyatsyah,M.M. Pada kesempatan tersebut, Beliau meminta seluruh anggota SPI maupun seluruh jajaran yang ada di Direktorat SMP agar turut mendukung tugas, fungsi, dan program kerja SPI.

“Yang pertama, saya minta semua koordinator dan sub-koordinator harus care dengan kegiatan ini. Semoga kegiatan ini bisa berjalan baik, tidak hanya seremonial, tapi juga berdampak bagi kita semua. Yang kedua, SPI sangat membantu kita untuk melakukan mitigasi risiko yang mungkin kita anggap kecil, tetapi sering kali menjadi batu sandungan. Oleh sebab itu, sesuai dengan reformasi birokrasi, kita harus memiliki SPI,” ujar Mulyatsyah.

Acara kemudian beralih ke materi pembekalan yang disampaikan oleh para narasumber yang diundang khusus. Materi pertama terkait pengelolaan Barang Milik Negara, dibawakan oleh Bpk. Lucky Agusta dari Direktorat Barang Milik Negara, Direktorat Jenderal Kekayaan Negara,   Kementerian Keuangan. 

Secara umum, Lucky menjelaskan peraturan-peraturan yang mengatur mengenai pengelolaan Barang Milik Negara (BMN), siklus pengelolaan BMN, juga memberikan banyak contoh kasus temuan di lapangan. Dari banyak contoh kasus temuan di lapangan tersebut, maka SPI Direktorat SMP diharapkan dapat mengantisipasi hal serupa agar tidak terjadi di kemudian hari. 

Materi selanjutnya disampaikan oleh Bpk. Hiswara dari Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, terkait Pedoman Teknis Pengawasan bagi SPI. “Seiring berjalan waktu, SPI di lingkungan Kemendikbud semakin menguat perannya. Dalam pembangunan ZI-WBK, kita mendorong SPI sebagai asesor internal. Di situlah kita melihat peran SPI di Kemdikbud perlu dikuatkan,” ungkap Hiswara.

Selain itu, Hiswara memberikan gambaran peran SPI dalam berbagai program, yakni sebagai mata dan telinga pimpinan, agar kegiatan yang dilakukan berjalan efektif. Lebih lanjut Hiswara mengatakan, bahwa “eksistensi SPI di satuan kerja sangatlah penting, tak terkecuali di Direktorat SMP”. 

Pemateri ketiga sekaligus pemateri terakhir pada acara tersebut adalah Bpk. Hayun Kusumah dari Sekretariat Direktorat Jenderal  PAUD, Dikdas, dan Dikmen. Pada kesempatan tersebut, Beliau menyampaikan paparan terkait Kebijakan SPI di lingkungan Ditjen PAUD, Dikdas, dan Dikmen, Kemdikbud.

Hayun memulai paparan dengan menjelaskan tugas dan fungsi SPI, tantangan penyelenggaraan SPI, serta memberikan gambaran terkait persiapan SPI yang dapat dilakukan oleh SPI Direktorat SMP. Menurutnya, persiapan SPI dapat dimulai dari kondisi penyelenggaraan SPI saat ini di lingkungan Direktorat SMP, pemetaan koordinasi antar SPI (Itjen, Unit Utama, dan Satker), pengusulan prioritas kegiatan SPI, dan penguatan SPIP.

Berbeda dengan hari pertama, hari kedua pelaksanaan kegiataan diisi dengan diskusi kelompok. Peserta dibagi menjadi 3 (tiga) kelompok yang sebelumnya sudah ditetapkan oleh panitia penyelenggara, dimana masing-masing kelompok akan mendiskusikan topik yang berbeda dengan didampingi mentor. Mentor-mentor tersebut merupakan pejabat fungsional ahli utama dan madya di lingkungan Direktorat SMP.

Adapun para pejabat fungsional ahli utama dan madya di lingkungan Direktorat SMP yang turut memberikan pengarahan pada masing-masing kelompok antara lain, Dr. Thamrin Kasman, SE, M.Si, Dr. Poppy Dewi Puspitawati, MA, Yudhistira Wahyu Widiasana, S.Sos., M.Si, dan Ninik Purwaning Setyorini, MA.

Kelompok pertama ditugaskan untuk membahas mengenai Instrumen SPI, kelompok kedua bertugas membahas Juknis dan SOP SPI Dit. SMP, dan kelompok ketiga membahas terkait Peta Risiko. Namun sebelum diskusi dimulai, Ibu Elly Wismayanti selaku moderator sekaligus Ketua SPI Direktorat SMP memaparkan draft program kerja SPI tahun 2021.

Setelah mengadakan diskusi di internal masing-masing kelompok, kemudian poin-poin gagasan dari tiap kelompok direviu, dan kegiatan diakhiri dengan penyerahan dokumen hasil kepada tim SPI. Terselenggaranya kegiatan ini menggambarkan percik api semangat dalam diri Direktorat SMP agar senantiasa bekerja secara sistematis, terkendali, efisien, efektif, dan akuntabel, sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

Hayun Kusumah dari Sekretariat Direktorat Jenderal PAUD, Dikdas, dan Dikmen menyampaikan paparan secara virtual.
Elly Wismayanti selaku ketua SPI Direktorat SMP menyampaikan program kerja SPI tahun 2021 kepada peserta.

Referensi: Virtual Meeting Pembekalan dan Penyusunan Dokumen Pelaksanaan Pengawasan Internal

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Scroll to Top