Televisi Edukasi Kemendikbud Sajikan Tayangan Edukatif dan Inspiratif

Dilihat 1,957 pengunjung

Setelah membuat Radio Edukasi, Rumah Belajar, dan Sistem Informasi Perbukuan Indonesia, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali menghadirkan inovasi digital lainnya dengan menciptakan Televisi Edukasi (TVE) yang dapat dimanfaatkan sebagai sumber belajar belajar dari rumah selama masa pandemi COVID-19. 

Televisi Edukasi adalah stasiun televisi yang ditujukan untuk menyebarkan informasi di bidang pendidikan dan berfungsi sebagai media pembelajaran masyarakat. Setiap harinya, Televisi Edukasi menyiarkan program-program edukatif untuk pelajar dari jenjang SD sampai SMA. Terdapat pula tayangan-tayangan budaya yang dapat menambah wawasan khazanah budaya para pelajar. 

Ada banyak sekali tayangan bermanfaat seperti Gemar Matematika Bersama Pak Ridwan, Ayo Kita Coba, Fisika SMP, Soulmath, Fisika SMA, Cerdas, Inspirasi Edukasi, Planet Sains, Biologi SMP, Sains Sebagai Solusi, Biologi SMA, Tamasya Sejarah, Vlogger Putih Abu-Abu, dan lain-lain. 

Sedangkan program tayangan yang menyoroti budaya adalah seri Budaya Indonesia dan Tradisi Asli Nusantara. Tayangan tersebut ditampilkan sangat menarik dan beragam, sehingga Sobat SMP dapat mempelajari beragam kebudayaan di tanah air dengan cara yang lebih ringan sekaligus menyenangkan.

Tayangan program yang tidak kalah menarik di Televisi Edukasi adalah tayangan yang mengajak pelajar untuk bisa berbahasa asing, seperti seri Bitan Ni Hao Belajar Bahasa Mandarin, English for Life, Bahasa Arab Praktis. Bagi Sobat SMP yang tertarik untuk menguasai bahasa asing, bisa menyaksikan tayangan-tayangan tersebut. 

Selanjutnya, Televisi Edukasi juga menghadirkan program tayangan guna membangun karakter pelajar melalui tayangan inspiratif dari sosok pelajar atau pegiat pendidikan melalui seri tayangan Adiluhung, Ashobar, Pasti Bisa, dan Karya Anak Milenial.

Tetapi jangan salah, Televisi Edukasi tidak hanya menghadirkan tayangan yang berkaitan dengan pelajaran dan budaya saja, melainkan juga memiliki tayangan hiburan seperti FTV dan Film Pendek Pusbang Film. Tayangan hiburan tersebut, tentunya bisa membantu menyegarkan pikiran Sobat SMP ditengah rasa penat setelah seharian berkutat dengan pelajaran. Sangat menarik, bukan?

Tayangan-tayangan tersebut bisa sobat SMP simak secara live streaming, di situs resmi Televisi Edukasi mulai pukul 12.00 – 15.30 setiap harinya. Jadwal tayangan Televisi Edukasi bisa diperbarui setiap hari dan dipublikasikan pada laman sosial media Instagram Televisi Edukasi. Jangan khawatir, bagi sobat SMP yang tidak sempat menyaksikan tayangan Televisi Edukasi secara live dapat menyaksikan tayangan video on demand melalui situs resminya maupun melalui platform UseeTV secara gratis.

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Scroll to Top