Sulaman Kerawang khas Gorontalo Yang Mendunia

Dilihat 6,070 pengunjung

Sulaman Kerawang dari Gorontalo merupakan salah satu karya seni kain dan benang yang ada di Indonesia. Pada umumnya karya seni ini mengusung motif keunikan dari masing-masing daerah. Sulaman kerawang dari Gorontalo mempunyai keunggulan dalam keindahan motif dan keunikan proses pembuatannya.

Dalam proses pembuatan Sulaman Kerawang dapat dipastikan menggunakan tangan, sehingga Sulaman Kerawang dikenal juga sebagai Karawo yang dalam Bahasa Gorontalo berarti sulaman dengan tangan. Orang dari luar Gorontalo mengenalnya dengan sebutan Kerawang.

Karya seni sulaman kerawang telah diturunkan dari masa ke masa sejak jaman Kerajaan Gorontalo. Pada awalnya hanya untuk keperluan pribadi pengrajin dengan motif yang masih sederhana, seperti bentuk geometri dan dedaunan. Kini, Sulaman Kerawang dapat dimanfaatkan untuk berbagai kegiatan dengan motif yang makin berkembang. Berbahan kain katun jepang, kain sifon, dan benang sulam serta benang isi, Sulam Kerawang dapat dikreasikan ke dalam berbagai motif.

Perkembangan ini juga dipicu oleh dukungan pemerintah Kabupaten Gorontalo, yaitu menetapkan penggunaan pakaian Kerawang pada hari tertentu. Selain itu, juga ada dukungan dari pemerintah Provinsi Gorontalo agar Sulam Kerawang tidak lekang oleh waktu dan dapat terus berkembang serta menjadi kebangggan masyarakat Gorontalo.

Maka dari itu, SMP Terbuka Tibawa menetapkan Sulaman Kerawang Khas Gorontalo sebagai jenis keterampilan pada Program Pendidikan Keterampilan (PPK). SMP Terbuka Tibawa membuat produk sulaman pada jenis pakaian muslim dan jilbab, karena jenis produk tersebut sangat menjanjikan di daerah Gorontalo terutama dalam bentuk Jilbab.

Baca Juga  Integrasi OSIS Wujudkan Kolaborasi Sinergis di Sekolah

SMP Terbuka Tibawa Kabupaten Gorontalo yang berlokasi di SMPN 1 Tibawa merupakan satu-satunya SMP Terbuka yang ada di kecamatan Tibawa. Berdiri sejak tahun 1997/1998, SMP Terbuka Tibawa memiliki visi Unggul dalam Prestasi, Berkarakter, Berlandaskan Iman dan Taqwa serta dengan salah satu misinya berprestasi di bidang non akademik.

Dengan 3 Tempat Tempat Kegiatan Belajar (TKB), SMP Terbuka Tibawa memiliki peserta didik sebanyak 43 orang. Pelayanan pendidikan di SMP Terbuka Tibawa terus dioptimalkan terutama bidang keterampilan yang harus dimiliki peserta didik. Hal ini menjadi sangat penting untuk memudahkan peserta didik mencari lapangan kerja ketika lulus nanti.

Bagi kalian yang ingin tahu lebih jauh tentang Sulam Kerawang Khas Gorontalo, mulai dari proses pembuatan, alat dan bahan yang digunakan, serta prospek ke depannya akan seperti apa, kalian dapat unduh buku “Sulaman Kerawang Mendunia SMP Terbuka Tibawa” untuk informasi lebih lengkapnya.

Penulis: Pengelola Web Dit.SMP

Scroll to Top