SPI Direktorat SMP Memasuki Tahap Final Penyusunan Dokumen

Dilihat 1,040 pengunjung

Dalam rangka menindaklanjuti kegiatan Penyusunan Dokumen Pelaksanaan Pengawasan Internal yang telah digelar sebelumnya, Direktorat SMP melaksanakan kegiatan “Reviu dan Finalisasi Dokumen Pelaksanaan Pengawasan Internal Direktorat SMP” pada Rabu – Jumat (7 – 9 April) 2021. Kegiatan ini diselenggarakan mengingat pentingnya kesiapan dokumen final tersebut untuk digunakan dalam pelaksanaan tugas Tim SPI Direktorat SMP. 

Berlangsung selama 2 (dua) hari efektif, kegiatan ini dibuka oleh Bpk. Imam Pranata, S.S. selaku Kasubbag Tata Usaha, Direktorat SMP. Dalam sambutan pembukaannya, beliau kembali mengingatkan peran Satuan Pengawasan Intern (SPI) pada Direktorat SMP, yaitu membantu mewujudkan akuntabilitas di lingkungan Direktorat SMP.

“SPI dibentuk di Direktorat SMP fungsinya sebagai mitra dalam mitigasi resiko, sebagai rem, baik dari segi teknis maupun dari segi keuangan terhadap kegiatan-kegiatan kita, yang nantinya akan diaudit oleh pihak eksternal. Sebagai mitra kerja, peran SPI diharapkan dapat membantu agar pengelolaan program/ kegiatan dan anggaran dapat lebih akuntabel demi kemajuan Direktorat SMP,” tutur Imam.

Dalam acara ini, dihadirkan pula 3 (tiga) narasumber dari Kementerian Keuangan (Kemenkeu) yaitu Bpk. Dedi Riswandi, Ibu Endang Puspita Dewi, dan Bpk. Hakim. Ketiganya memaparkan tentang pelaksanaan program pembangunan Zona Integritas menuju Wilayah Bebas Korupsi (ZI-WBK) di Kemenkeu, proses pembangunan ZI-WBK di Kemenkeu, tips pembangunan ZI-WBK di lingkungan Kemenkeu, serta sekilas pengenalan aplikasi Digital Integrity Assessment (DIA) sebagai platform digital yang mendukung pelaksanaan ZI-WBK di lingkungan Kemenkeu.

Kegiatan selanjutnya diisi dengan pemaparan draft dokumen yang sudah dihasilkan pada pertemuan sebelumnya oleh perwakilan masing-masing kelompok. Draft dokumen tersebut kemudian direviu oleh para peserta yang hadir, agar dapat disempurnakan untuk menghasilkan dokumen final yang siap digunakan oleh Tim SPI Direktorat SMP. 

Dokumen yang dihasilkan pada kegiatan ini antara lain Juknis dan SOP SPI, Peta Risiko, serta Instrumen Pengawasan SPI dimana di dalamnya terdapat instrumen pengawasan terhadap Kebijakan dan Program, Pengelolaan Keuangan, Pengelolaan Kepegawaian, dan Pengelolaan Barang Milik Negara (BMN). Instrumen yang disusun tersebut mengacu pada ruang lingkup tugas SPI.

Turut hadir dan memberikan masukan pada kegiatan ini, antara lain Bpk. Dr. Thamrin Kasman, SE, M.Si. (Widyaprada Ahli Utama di lingkungan Direktorat SMP) sekaligus sebagai Pengarah untuk area Akuntabilitas dan Pengawasan. Para peserta yang sebagian besar merupakan Tim SPI dan Tim ZI-WBK Direktorat SMP, secara aktif melakukan diskusi, sehingga seluruh dokumen kerja berhasil dirampungkan dengan baik.

Langkah dan Kinerja SPI merupakan salah satu upaya mitigasi menuju pembangunan ZI-WBK di Direktorat SMP. Namun demikian, dukungan dan komitmen pimpinan serta semua pihak terkait, tidak kalah pentingnya dalam penentuan keberhasilan dan pencapaian tujuan yang diharapkan, antara lain meningkatkan efektivitas dan akuntabilitas pelaksanaan program dan kegiatan, serta pengelolaan anggaran di lingkungan Direktorat SMP, dalam rangka mewujudkan institusi yang akuntabel, efektif, dan efisien.

Bpk. Imam Pranata, Kasubbag Tata Usaha Direktorat SMP, memberikan sambutan secara virtual pada Rabu (7/4).
Ibu Elly Wismayanti selaku Ketua SPI Direktorat SMP memandu acara dan berdiskusi dengan para peserta.

 

Baca Juga  Tim SPI Direktorat SMP Lakukan Sejumlah Persiapan Program Kerja

Referensi: Liputan kegiatan “Reviu dan Finalisasi Dokumen Pelaksanaan Pengawasan Internal Direktorat SMP”.

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Scroll to Top