SMP Terbuka Tarumajaya Mengubah Sampah Mendulang Rupiah

Dilihat 5,132 pengunjung

Banyaknya sampah botol plastik yang tersebar di lingkungan sekitar, menggugah kesadaran peserta didik SMP Terbuka Tarumajaya untuk menginisiasi kegiatan daur ulang sampah yang ada melalui Program Pendidikan Keterampilan (PPK). Kegiatan ini bertujuan mengurangi sampah plastik demi terwujudnya lingkungan yang lebih bersih, sehat, dan terjaga.

Tidak hanya melibatkan para peserta didik saja, kegiatan ini juga melibatkan peran guru dan warga sekitar dalam proses pengumpulan sampah non organik untuk dihibahkan ke bank sampah milik SMP Terbuka tepatnya di Kecamatan Tarumajaya, Kabupaten Bekasi. Peserta didik dan warga sekitar dengan sukarela menyetorkan sampah mereka secara berkala.

Produk yang dihasilkan dari daur ulang ini sangat bervariasi sesuai material limbah yang digunakan. Limbah koran misalnya, dapat dibuat menjadi tali koran. Drum bekas dapat disulap menjadi lemari dan meja. Kardus bekas yang tebal dapat dibentuk menjadi vas bunga, tempat pensil, dan barang lain. Jeans bekas yang dapat diubah menjadi tas yang cantik. Handuk dan ember bekas cat yang didaur ulang menjadi vas dan lampion yang menawan. Terakhir, plastik kresek bekas belanja pun dapat dimanfaatkan untuk membuat bros, tas, serta tikar.

Dalam proses pengolahan, peserta didik diberikan kebebasan untuk mengembangkan kreativitas berbekal pemahaman mengenai dasar pencampuran warna. Biasanya mereka menggali ide melalui internet untuk kemudian diamati, ditiru, dan dimodifikasi sehingga karya yang dihasilkan lebih unik. Para peserta didik juga didampingi oleh para guru serta alumni berpengalaman, terutama saat proses penggunaan alat-alat khusus seperti mesin bor, gerinda besi, dan alat las. 

SMP Terbuka Tarumajaya sendiri membagi tiga tahapan dalam proses pembelajaran PPK, yaitu dasar, mahir, dan terampil. Pada tingkat dasar diberikan materi dasar saja, sedangkan tingkat mahir dan terampil memiliki kerumitan dari sisi desain, seni, maupun proses pembuatannya. Tidak hanya itu, para guru nantinya juga akan memberikan evaluasi terhadap hasil karya peserta didik sehingga dapat menyempurnakan produk-produk mendatang.. 

Produk hasil karya para peserta didik SMP Terbuka Tarumajaya juga telah sering dihadirkan di berbagai kesempatan seperti pada Pekan Produk Kreatif Indonesia tahun 2015, Pekan Raya Kabupaten Bekasi, Bazaar Hari Peduli, dan masih lagi. Peserta didik juga memiliki spirit berbagai pengetahuan kepada masyarakat luas dengan membuat video tutorial terkait cara mendaur ulang sampah di sosial media.

Jika kalian ingin tahu lebih lengkap tentang proses kegiatan keterampilan daur ulang sekaligus hasil produksi daur ulang dari SMP Terbuka Tarumajaya, kalian dapat unduh buku panduan “MENGUBAH SAMPAH MENDULANG RUPIAH SMP TERBUKA TARUMAJAYA” di bawah ini.

Penulis: Pengelola Web Dit SMP

Scroll to Top