SMP Negeri 4 Pakem Leading Dalam Pemanfaatan TI Untuk PIJ

Dilihat 4,966 pengunjung

Pandemi COVID-19 sudah melanda wilayah kita sejak sekitar 7 (tujuh) bulan yang lalu. Hal ini tentu saja membawa dampak di berbagai sektor, tak terkecuali sektor pendidikan.

Dalam situasi pandemi ini, peserta didik belajar dari rumah (BDR) merupakan hal yang harus dilakukan untuk memutus rantai penyebaran COVID-19.  Pelaksanaan BDR di SMP 4 pakem dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ)  daring (dalam jaringan).

Pola PJJ daring menuntut kreativitas dan inovasi yang tinggi untuk mengatasi keterbatasan ruang dan waktu.  Oleh karena itu pemanfaatan Teknologi Informatika dan Komunikasi (TIK)  dalam jaringan (daring/online) merupakan hal yang sangat membantu guru untuk melakukan PJJ.

Hal ini sesuai dengan tuntutan pendidikan di era revolusi industri 4.0. Pada pemanfaatan TIK dalam jaringan  dengan pola PJJ,  guru tertantang untuk lebih   kreatif dan inovatif sehingga kompetensi dapat dikuasai siswa dengan baik.

Hal ini mengingat peran yang sangat penting. Adapun peran guru dalam PJJ adalah membantu siswa menghadapi ketidakpastian yang disebabkan oleh pandemi COVID-19 dan melibatkan siswa untuk terus belajar dengan segala keadaan.

Berdasarkan evaluasi diri dan pengamatan pengawas SMP, Pelaksanaan PJJ di SMP Negeri 4 Pakem sudah baik, Bahkan sudah sangat siap jika dibandingkan sekolah sekolah pada umumnya di Kabupaten Sleman.

Baca Juga  Hasil Pelaksanaan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) SMP Tingkat Nasional Tahun 2020

Kegiatan PJJ ini sudah ditiru atau direplikasi oleh beberapa sekolah lain. SMP 4 Pakem boleh dikatakan leading dalam pemanfaat teknologi informasi, walaupun tetap masih ada kekurangan.

Agar PJJ dapat berjalan lebih  baik lagi,  SMP Negeri 4 Pakem melaksanakan kegiatan Penguatan. Tujuan dari kegiatan tersebut adalah menguatkan manajemen PJJ dari persiapan maupun pelaksanaan. Bertindak sebagai nara sumber yaitu Kepala SMP Negeri 4 Pakem, Bapak Ponidi dan  pengawas pembina ibu Murwati Widiani.

Kegiatan penguatan PJJ diawali dengan supervisi perencanaan dan pelaksanaan PJJ. Supervisi dilakukan oleh Kepala sekolah dan Pengawas Manajerial SMP Negeri 4 Pakem. Perencanaan pembelajaran yang di supervisi berupa perangkat PJJ yang meliputi Program Tahunan, Program semester, Pemetaan Kompetensi Dasar, dan Perencanaan Penilaian dalam satu semester serta RPP PJJ.

Untuk menjangkau supervisi pelaksanaan PJJ agar dapat menyeluruh kepada semua guru SMP Negeri Negeri 4 Pakem, maka supervisi pelaksaan PJJ dilakukan dengan cara mengamati tayangan video proses pembelajaran dari setiap guru. Dari video ini akan terlihat rekaman pembelajaran yang dilakukan oleh guru dari bagian Pendahuluan, Kegiatan Inti, dan Penutup.

 

 

Sumber: https://smpn4pakem.sch.id

Scroll to Top