Semakin Andal Bermain Futsal

Dilihat 4,998 pengunjung

Tak dapat dimungkiri, futsal adalah salah satu olahraga yang sangat digemari oleh berbagai kalangan, termasuk para siswa sekolah. Melihat antusiasme yang begitu besar, Direktorat Sekolah Menengah Pertama (Direktorat SMP) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mengeluarkan modul “Pembinaan Ekstrakurikuler Futsal”.

Terdiri atas lima bab, setiap bagiannya cukup sarat akan pengetahuan dan panduan seputar ekstrakurikuler futsal. Modul ini sangat cocok digunakan oleh pembina dan juga peserta didik sebagai acuan untuk menjalani ekstrakurikuler futsal.

Pada bab pertama, modul berfokus pada pembahasan mengenai futsal secara umum seperti sejarah futsal dunia, sejarah organisasi futsal, sejarah futsal di tanah air, dan juga peringkat futsal Indonesia di kancah internasional.

Pedoman dasar mengenai permainan futsal tersaji dalam bab selanjutnya. Bab ini lebih mengulas hal-hal teknis terkait futsal seperti pedoman dasar, perlengkapan, durasi permainan, ukuran lapangan, ukuran gawang, dan juga jenis bola yang digunakan.

Jika membahas olahraga, tentunya hal tersebut tidak bisa terlepas dari kondisi fisik tubuh. Oleh karena itu, bab ketiga modul ini memaparkan mengenai pentingnya kondisi fisik dan latihan fisik sebagai penunjang ekstrakurikuler futsal. Gambar ilustrasi yang terpampang dalam modul dapat mempermudah peserta didik dan juga pembina dalam mempraktikkannya.

Setelah memahami pentingnya kondisi fisik dan juga cara melatih fisik agar fit, diperlukan juga teknik dasar futsal seperti mengontrol bola, mengoper bola, menggiring bola, menembak bola, dan juga menjaga gawang sebagai kiper. Formasi dan strategi dalam permainan pun juga disuguhkan dalam modul ini. 

Bab terakhir dari modul ini adalah pembahasan hal-hal seputar rancangan kegiatan ekstrakurikuler futsal. Terdapat juga glosarium dalam futsal untuk menambah wawasan seputar futsal.. Diharapkan segala panduan dan juga tip yang telah disampaikan dalam modul ini dapat meningkatkan mutu ekstrakurikuler futsal di berbagai sekolah di Indonesia.

Jadi, bagi kalian yang ingin meningkatkan pengetahuan dan kemampuan futsal, bisa mengunduh modul “Pembinaan Ekstrakurikuler Futsal” secara gratis dalam bentuk digital di bawah ini.

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Scroll to Top