Refleksi Akhir Tahun 2020: Banyak Tantangan Bukanlah Halangan

Dilihat 4,768 pengunjung

Banyak tantangan bukanlah halangan bagi Direktorat SMP untuk menjalankan tugas, fungsi, serta program-program yang telah dicanangkan. Pandemi COVID-19 yang masih berlangsung sampai dengan penghujung tahun ini membuat semua pihak sedikit banyak mengalami berbagai kendala, salah satunya ialah kebijakan bekerja dari rumah atau work from home serta belajar dari rumah.

Kendati demikian, tanggung jawab seluruh elemen di dalam Direktorat SMP tidak bisa ditangguhkan. Direktorat SMP sendiri menerapkan jadwal kerja bergantian dimana sebagian staf akan bekerja di kantor hanya beberapa hari dalam seminggu. Hal ini dilakukan untuk menjaga kinerja yang optimal namun tetap memperhatikan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

Direktur SMP, Mulyatsyah, menjelaskan beberapa capaian yang berhasil diraih Direktorat SMP tahun ini. “Daya serap anggaran kita yang awalnya agak terseok-seok, di penghujung tahun kita bisa mendekati angka 98%. Kemudian dari sisi kinerja, penilaian pihak eksternal terhadap kinerja kita berdasarkan SAKIP, terdapat peningkatan dibanding tahun lalu dari predikat B menjadi BB di tahun 2020 ini,” kata Mulyatsyah.

Sedangkan untuk tahun depan, Mulyatsyah berharap agar Direktorat SMP meraih capaian yang lebih baik lagi, salah satunya dari sisi kinerja agar bisa meraih predikat A untuk Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP). Menurutnya, hal itu adalah tanggung jawab semua personil yang ada di Direktorat SMP.

Baca Juga  Hasil Pelaksanaan Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) SMP Tingkat Nasional Tahun 2020

Direktorat SMP juga memastikan bahwa seluruh kebijakan nasional dilaksanakan oleh daerah sesuai dengan standar dan pedoman yang sudah ditetapkan. “Ke depannya kita perlu memperkuat dan memberikan advokasi kepada dinas daerah untuk memastikan bahwa pengelolaan baik tatap muka maupun daring, bisa terlaksana sesuai dengan standar mutu yang baik,” tambah Mulyatsyah.

Memastikan kesediaan sarana prasarana di lingkungan sekolah juga menjadi perhatian penting bagi Direktorat SMP di tahun depan. Perlu ada kolaborasi dari pemerintah pusat, dinas pendidikan daerah, guru, kepala sekolah, serta orang tua untuk merealisasikan proses pembelajaran yang baik sehingga bisa diikuti oleh seluruh peserta didik.

Mulyatsyah berharap untuk tahun 2021 Direktorat SMP dapat belajar dari tahun 2020 agar dapat lebih baik dari realisasi anggaran maupun kualitas. “Tidak hanya mengerjakan rutinitas, tetapi program yang dijalankan juga harus memiliki dampak terhadap pendidikan kita ke depan,” ungkap Direktur SMP.

Ia juga berharap dari Direktorat SMP dapat membangun soliditas yang lebih baik lagi dari sisi kelembagaan sehingga program apapun dapat dijalankan dengan baik. “Ada beberapa hal yang perlu kita tingkatkan seperti persoalan leadership, persoalan birokrasi struktural yang berubah, itu adalah tantangan-tangan yang perlu kita sikapi secara baik,” pungkasnya.

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Scroll to Top