Radio Edukasi Siarkan Acara Pendidikan dan Hiburan Untuk Siswa

Dilihat 3,775 pengunjung

Halo, Sobat SMP! Memasuki era teknologi dan informasi, tentunya semakin banyak tantangan yang harus kita hadapi, salah satunya adalah pemanfaatan media untuk kegiatan pembelajaran.

Melihat pentingnya pemanfaatan media untuk pendidikan, Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan (BPMRP) yang bekerja di bawah naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (Kemendikbud) meluncurkan Radio Edukasi. Radio Edukasi juga dapat dijadikan sebagai salah satu sumber belajar dari rumah, Sobat SMP.

Radio Edukasi adalah produk unggulan dari BPMRP yang berbentuk stasiun radio pendidikan. Berslogan “Cerdas, Santun, dan Menghibur”. Radio ini memiliki visi mewujudkan layanan prima pendidikan melalui pendayagunaan teknologi informasi dan komunikasi berbasis media audio atau radio.

Tidak hanya menyajikan siaran pendidikan yang formal & nonformal, Radio Edukasi pun mempunyai berbagai program yang sangat menarik untuk didengarkan seperti hiburan dan acara pendidikan yang mendidik (edutainment). Acara-acara tersebut bisa kalian dengarkan setiap harinya di Radio Edukasi.

Salah satu program yang sangat mendidik adalah Media Audio Penunjang Pembelajaran (MAPP). Audio pembelajaran ini berbentuk seperti kaset, CD, atau bentuk rekaman lainnya. Audio pembelajaran ini berisi materi pembelajaran edukasi yang inovatif untuk berbagai jenis jenjang dan bentuk pendidikan, yang terintegrasi dan dilengkapi dengan bahan pendukung lainnya.

Baca Juga  Informasi Pendaftaran Peserta Didik Baru (PPDB) Jenjang SMP Tahun Ajaran 2021/2022

Program unik lainnya ialah Majunetra (Media Audio Jelang Ujian Nasional Untuk Tunanetra). Program ini bertujuan untuk membahas materi dan kumpulan soal-soal sebagai bahan ajar untuk persiapan menghadapi ujian bagi teman-teman tunanetra. Sebab itu, radio ini juga cocok menjadi referensi belajar penyandang tunanetra.

Untuk acara hiburan, Radio Edukasi juga mempersembahkan drama radio “Generasi Edu”. Drama ini menampilkan tiga tokoh anak SMA bernama Elang, Dodit, dan Uci. Mereka adalah pelajar yang pandai, usil, ceria, dan berjiwa sosial tinggi. Nilai-nilai pendidikan karakter terkandung dalam drama ini disajikan dengan cara yang santai, humoris, namun mendidik.

Selain ketiga program tersebut, masih banyak program-program Radio Edukasi yang tak kalah mendidik dan menarik untuk didengarkan seperti Apresiasi Sastra, English Audio Dictionary, Kisah Tokoh, Dongeng Anak Nusantara, RE Musik, Risalah Nabi dan Sahabat, Ensiklopedi Populer, Kata Mutiara, Telusur Jogja, RE JJS, Daily English Conversation, dan Hikmah di Balik Kisah.

Seluruh acara tersebut dapat kalian dengarkan secara langsung di Radio Edukasi yang mengudara pada frekuensi AM 1251 KHz setiap harinya mulai pukul 09.00 — 21.00. Tak perlu khawatir ketinggalan, kalian juga bisa mengakses rekaman program-program tersebut di situs resmi Radio Edukasi di radioedukasi.kemdikbud.go.id.

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Scroll to Top