Sobat SMP! Kita Harus Bijak dan Kreatif dalam Bermedia Sosial

Dilihat 4,774 pengunjung

Halo, Sobat SMP! Saat ini kita sudah memasuki era digital di mana semua hal sudah terhubung dengan internet. Ada banyak sekali tantangan untuk memasuki dunia digital, salah satunya adalah bijak dan kreatif dalam bermedia sosial.

Sebelum berangkat lebih jauh, kalian harus memahami terlebih dahulu mengenai perkembangan internet dan media sosial saat ini. Media sosial adalah media yang berupa situs dan/atau aplikasi yang melibatkan teknologi berbasis internet. Media berbasis teknologi internet ini mendorong dan memungkinkan penggunanya saling terhubung dengan siapa pun, baik orang-orang terdekat, maupun orang asing yang tidak dikenal sebelumnya.

Karena media sosial bisa terhubung dengan siapa pun, kalian juga harus memerhatikan etika ketika berselancar di berbagai platform media sosial tersebut. Contohnya adalah menghindari memulai konflik dengan orang lain, memberi komentar tercela, ataupun bersikap terlalu ekstrem mengenai sebuah hal di media sosial.

Selain menghindari hal-hal tersebut, kalian bisa memanfaatkan media sosial menjadi sebuah hal yang positif. Misalnya mencari informasi yang bermanfaat, menambah teman dan kenalan baru, melakukan diskusi dengan orang lain, atau membagikan hal-hal positif dan bermanfaat bagi orang banyak.

Kalian juga harus memerhatikan risiko dan konsekuensi jika melakukan hal-hal yang negatif di media sosial. Pasalnya, pemerintah telah menerbitkan Undang-undang No. 19 tahun 2018 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) yang mengatur penggunaan internet yang baik dan benar.

Setelah bijak dalam bersosial media, kalian dapat memanfaatkan media sosial sebagai wadah untuk menyalurkan bakat dan juga kreativitas yang kalian miliki. Karya kreatif yang ditunjukkan dalam media sosial dapat berupa video, tulisan, cerita, gambar, dan lain-lain. Kreativitas yang kamu bagikan melalui media sosial haruslah memiliki nilai tambah agar kamu bisa dikenal oleh banyak orang dan mungkin bisa mendapat keuntungan finansial dari media sosial tersebut.

Meskipun banyak manfaat yang bisa kalian ambil, jangan sampai media sosial membuat kamu menjadi ketagihan dan melupakan berbagai hal lainnya. Tetaplah bijak dan terus kreatif dalam bermedia sosial ya, Sobat SMP!

Media dan Sumber Belajar Daring Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Baca Juga  Program Direktorat: Pembinaan Satuan Pendidikan Kerjasama

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia juga memiliki beberapa media dan situs daring yang bisa menjadi sumber belajar loh! Contohnya seperti Rumah Belajar (https://belajar.kemdikbud.go.id/), TV Edukasi Kemdikbud (https://tve.kemdikbud.go.id/), Perpustakaan Kemdikbud (https://perpustakaan.kemdikbud.go.id/ ) , dan masih banyak lagi.

Dengan hadirnya berbagai media tersebut, diharapkan Sobat SMP mempunyai banyak referensi belajar dengan konten-konten yang edukatif dan segar. Media tersebut dapat diakses kapanpun dan dimanapun secara gratis melalui gawai. Selain itu, modul selengkapnya dapat diunduh melalui situs Direktorat SMP, sehingga kalian dapat memahami cara bersosial media yang bijak dan kreatif.

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Scroll to Top