Panduan Instalasi dan Konektivitas Proyektor ACER DX-210

Dilihat 2,659 pengunjung

Salah satu alat penunjang proses pembelajaran di sekolah adalah proyektor. Biasanya, proyektor digunakan oleh guru dan siswa untuk melakukan presentasi di kelas. Selain itu, alat ini juga bisa dipakai dalam kegiatan rapat ataupun diskusi. 

Melihat pentingnya hal tersebut, beberapa waktu lalu Direktorat SMP Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia memberikan bantuan proyektor ACER DX-210 beserta peralatan TIK lainnya ke berbagai sekolah di Indonesia.

Sekilas tentang proyektor, alat ini akan memproyeksikan berkas-berkas cahaya yang berbentuk gambar, video, dan sebagainya dari perangkat keras. Jadi, gambar dan video tersebut terproyeksikan melalui proyektor ke sebuah layar besar.

Panduan instalasi proyektor

Untuk melakukan instalasi, langkah-langkah yang harus diperhatikan adalah memastikan kabel power terhubung dengan sumber daya listrik. Setelah itu, hidupkan proyektor dengan cara menekan tombol power. Tunggu sampai instalasi selesai.

Setelah instalasi proyektor selesai, langkah selanjutnya adalah menghubungkan proyektor dengan Chromebook. Terdapat dua cara menghubungkan proyektor ke Chromebook, yaitu melalui kabel dan nirkabel (wireless).

Konektivitas proyektor melalui nirkabel

Jika ingin menghubungkan secara nirkabel atau wireless, colokkan kabel Chromecast ke proyektor. Setelah itu, instal aplikasi Chromecast di perangkat Chromebook. Apabila telah terinstal, buka dan tekan “Set-Up” untuk menghubungkan ke jaringan Wi-Fi.

Tunggu beberapa saat sampai aplikasi yang ada di perangkat berhasil terhubung ke Chromecast. Kemudian, verifikasi kode yang terdapat di proyektor dan Chromebook. Jika telah terhubung, nyalakan proyektor dan pilih sumber audio / video.

Konektivitas proyektor melalui kabel

Baca Juga  SMP Negeri 4 Pakem Leading Dalam Pemanfaatan TI Untuk PIJ

Cara lain menghubungkan proyektor ke Chromebook adalah menggunakan kabel. Cara ini lebih mudah dan simpel ketimbang nirkabel. Sobat SMP hanya tinggal menghubungkan kabel HDMI atau VGA dari Chromebook ke proyektor. Setelah terhubung, nyalakan proyektor dan tekan tombol source dan memilih sumber audio atau video.

Jadi, itulah tadi cara melakukan instalasi dan konektivitas proyektor ke Chromebook. Cukup mudah bukan? Semoga artikel ini bisa membantu Sobat SMP yang masih kebingungan dalam menginstal dan menghubungkan proyektor ke perangkat.

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Referensi: Modul Instalasi dan Konfigurasi Peralatan TIK Bantuan 2020, Kemendikbud, 2020

Scroll to Top