Modul IPS Kelas VII, Lengkap Dari Geografi Hingga Sejarah

Dilihat 19,930 pengunjung

Halo, Sobat SMP! Di tengah pembelajaran jarak jauh akibat pandemi COVID-19, Direktorat Sekolah Menengah Pertama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menerbitkan sejumlah modul pembelajaran. Modul ini diharapkan dapat membantu kegiatan belajar seluruh siswa SMP di seluruh Indonesia khususnya siswa siswi SMP Terbuka.

Salah satu mata pelajaran yang mendapatkan bantuan modul adalah Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang diperuntukkan bagi siswa SMP kelas VII. Seperti yang sudah diketahui, IPS adalah salah satu mata pelajaran yang cukup penting karena mengandung berbagai aspek-aspek ilmu sosial yang kelak berguna bagi para siswa.

Untuk mata pelajaran IPS, Direktorat SMP menerbitkan sebanyak 14 modul yang terbagi ke dalam beberapa topik bahasan. Keempat belas modul ini nantinya dapat menjadi bahan pembelajaran bagi guru dan siswa selama satu tahun.

Lima modul pertama membahas mengenai hal-hal seputar geografis, sumber daya alam, dan karakteristik kependudukan berdasarkan wilayah bentang alamnya. Kelima modul ini adalah Letak Wilayah dan Keadaan Alam Indonesia (modul 1), Keadaan Alam Wilayah Indonesia (modul 2), Letak Indonesia dan Sumber Daya Alam (modul 3), Keadaan Penduduk Indonesia (modul 4), dan juga Interaksi Antar Ruang dan Dampaknya (modul 5).

Selanjutnya, modul keenam dan ketujuh mengulas tentang hubungan interaksi sosial dan juga lembaga-lembaga sosial yang terdapat di lapisan masyarakat. Kedua modul ini bertajuk Interaksi Sosial (modul 6) dan juga Lembaga Sosial (modul 7).

Beranjak dari topik geografi dan ekonomi, modul kedelapan sampai dengan kesebelas membahas tentang ekonomi dan kewirausahaan. Hal tersebut tercermin ke dalam beberapa judul modul yang bertajuk Konsep Kebutuhan dan Kelangkaan (modul 8), Kegiatan Ekonomi (modul 9), Permintaan, Penawaran, Pasar, dan Harga (modul 10), serta Peran Kewirausahaan (modul 11).

Sebagaimana yang pernah dikatakan Sang Proklamator sekaligus Presiden RI pertama, Ir. Sukarno, “jasmerah”, jangan sekali-kali meninggalkan sejarah. Tiga modul terakhir pun mengupas sejarah Indonesia, mulai dari zaman praaksara, masa Hindu-Budha, sampai dengan era Islam. Ketiga judul modul tersebut ialah Kehidupan Sosial pada Masa Pra Aksara (modul 12), Kehidupan Sosial pada Masa Hindu-Budha (modul 13), dan Kehidupan Sosial pada Masa Islam (modul 14).

Seluruh modul ini berisi panduan serta bahan ajar seputar mata pelajaran IPS untuk siswa-siswi SMP kelas VII. Selain bahan ajar, modul-modul tersebut juga memiliki tes formatif dan tes akhir modul sebagai uji kompetensi materi pembelajaran yang telah didapatkan. Kalian bisa memantapkan pengetahuan terkait mata pelajaran IPS dengan mempelajari modul-modul yang dapat diunduh secara gratis di situs Direktorat SMP dengan logo SMP Terbuka.

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Scroll to Top