Mengenal Candi, Menapak Tilas Sejarah Hindu-Budha

Dilihat 3,747 pengunjung

Terletak di jalur perdagangan dunia membuat Indonesia banyak disinggahi oleh para pedagang asing. Mayoritas pedagang yang datang ke Indonesia berasal dari Cina, India, dan Arab. Tidak hanya sekadar berdagang, para pedagang tersebut juga menetap dalam waktu cukup lama. Dari hubungan itulah secara tidak langsung pengaruh agama Hindu dan Budha mulai masuk ke tanah air.

Agama Hindu-Budha memberikan banyak pengaruh di berbagai sisi, salah satunya pada sisi budaya. Lahir berbagai karya arsitektur, sastra, seni ukir, dan seni wayang yang kental dengan nuansa Hindu-Budha. Maka tidak mengherankan, bila terdapat banyak sekali bangunan candi yang tersebar di Indonesia. Tetapi, apakah sobat SMP sudah mengetahui candi-candi tersebut? 

1. Candi Prambanan

Sumber gambar: http://sejarahsenidanbudaya.blogspot.com/

Terletak di daerah Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Candi Prambanan juga dikenal dengan nama Candi Loro Jonggrang. Komplek Candi Prambanan merupakan area candi Hindu terbesar di Indonesia. Candi ini dibangun sekitar pada abad ke-9 oleh Raja Rakai Pikatan dari Kerajaan Mataram Kuno. 

2. Candi Penataran 

Sumber gambar: https://wisatabagus.com/candi-penataran/

Candi ini merupakan candi peninggalan Kerajaan Kediri yang dibangun pada masa pemerintahan Raja Srengga yakni sekitar tahun 1200 Masehi. Candi ini Penataran berlokasi di daerah Blitar, Provinsi Jawa Timur. Bangunan Candi Penataran terbuat dari bata merah. 

3. Candi Borobudur 

Baca Juga  Tips Berpidato di Depan Umum Tanpa Grogi

Sumber gambar: https://maritim.go.id/

Bila sebelumnya ada Candi Prambanan yang merupakan candi Hindu terbesar, maka Candi Borobudur merupakan candi Budha terbesar di Indonesia bahkan dunia. Candi ini dibangun pada masa pemerintahan Raja Samaratungga dari Kerajaan Mataram Kuno sekitar abad ke-9. Candi Borobudur terletak di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. 

4. Candi Muara Takus 

Sumber gambar: https://candi.perpusnas.go.id/

Tidak hanya ditemukan di tanah Jawa, candi bercorak Budha juga ditemukan di wilayah Sumatera. Terletak di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau, candi ini merupakan peninggalan kerajaan Sriwijaya. Sama halnya dengan Candi Penataran, Candi Muara Takus juga dibangun menggunakan material bata merah. 

Selain keempat candi di atas, masih banyak candi-candi yang menarik untuk dikunjungi. Candi Gedong Songo yang bercorak Hindu, dan Candi Mendut yang bercorak Budha adalah beberapa di antaranya. Jadi, Sobat SMP bisa menikmati keindahan sekaligus menambah pengetahuan sejarah mengenai Hindu-Budha dengan bertandang ke salah satu candi tersebut, lho

Penulis: Pengelola Web Direktorat SMP

Referensi: Modul IPS SMP Terbuka Kelas VII Direktorat SMP

Scroll to Top